BANDUNG RAYA

Rumah Kontrakan Di Coblong Kota Bandung Terbakar

SPOL | BANDUNG – Sebuah rumah kontrakan di Jalan Gagak Kampung Sadang Saib, Gang Sadang Saib 2, RT 03, RW 10, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung ludes dilalap si jago merah, Sabtu (26/1/2018) sekitar pukul 12.55.

Dalam kebakaran yang menimpa rumah kontrakan (bagian dapur) milik A. Endjo (70) itu, tidak ada korban jiwa. Sejauh ini, menurut Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara kerugian belum bisa diperkirakan.

Pemicu terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun, diduga akibat arus pendek listrik di bagian dapur. Menurut Ferdi Luas Keseluruhan yang terbakar yakni 3 x 8 meter persegi dan 3 x 2 meter persegi (bagian dapur di lantai bawah dan lantai tempat menjemur pakaian di lantai 2).

Menurut saksi Ahmad (33) saat sedang berada di rumahnya, mencium bau kabel terbakar dari arah rumah kontrakan di sebelahnya. Setelah dilihat ternyata, saksi melihat api sudah membesar di bagian dapur rumah kontrakan Ibu Kiki.

“Iya Kala itu saya langsung berteriak meminta tolong warga dan segera mematikan api dengan air seadanya. Sedangkan, warga yang lain berinisiatif menelepon ke Dinas Kebakaran Dan PB Kota Bandung melalui Emergency Call 113. Saat kejadian waktu itu rumah dalam keadaan kosong,” ujar Ahmad.

Petugas kebakaran berhasil menyelamatkan bagian kanan rumah, yakni Rumah Bapak Dayat. Selain itu di sebelah kiri ruang tamu rumah yang terbakar dan di bagian belakang rumah rumah Bapak Endang.

Untuk memadamkan api, Tim Diskar PB Kota Bandung menurunkan 1 Unit Pancar UPT Utara, 2 Unit Pancar Pusat, 1 Unit Rescue, 1 Unit Rescue, 1 Unit Motor Trail TRC Bid. PB dengan total Keseluruhan 6 unit.

“Langkah yang diberikan antara lain kepada pemilik dan warga sekitar untuk pencegahan bahaya kebakaran agar menyediakan APAR, kemudian memberikan informasi dan sosialisasi mengenai nomor Darurat EMERGENCY CALL 113 dan terakhir memberikan informasi jika penanganan kebakaran sama sekali tidak di pungut biaya,” imbau Ferdi, seraya menambahkan api dipadamkan petugas sekitar pukul 12.58 WIB. (San)

SWARAPUBLIK | BANDUNG RAYA

 

Related Articles

Close
Close