EKONOMI

14 Ribu Rumah Tangga di Cianjur Dapat Sambunga Listrik Gratis

SPOL.Cianjur,- Sebanyak 14.000 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Cianjur Jawa Barat mendapatkan sambungan listrik gratis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada kesempatan itu, menteri BUMN Rini Soemarno secara simbolis memberikan langsung sambungan listrik gratis kepada 7 kepala keluarga di kelurahan Sukatani, kecamatan Haurwangi kabupaten Cianjur.

“Untuk Kecamatan Haurwangi, 548 rumah tangga yang memperoleh sambungan listrik gratis ini”, ujar Rini dalam keterangan resminya. Jumat (08/02/2019)

Program sambung listrik gratis BUMN ini sudah dirasakan oleh warga yang mendapat bantuan. Mereka sudah merasakan listrik resmi dari PLN sejak Desember 2018 lalu.

“Program sambung listrik gratis ini, dilakukan agar masyarakat yang tidak mampu bisa menikmati listrik sehingga diharapkan bisa meningkatkan roda perekoniman di Jawa Barat” pungkas Rini.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, salah seorang perwakilan warga kelurahan sukatani penerima bantuan listrik gratis, Umah (54) mengaku selama ini harus mengeluarkan dana antara 30 – 40 ribu rupiah per bulan untuk biaya menyalur listrik dari tetangganya selama puluhan tahun, itupun haya untuk 3 titik lampu dan 1 televisi kecil.

“Sekarang saya hanya habis 20 ribu per bulan untuk beli token listrik. Setelah dapat sambungan listrik gratis, saya bisa pakai penanak nasi listrik,” terangnya.

Sebelumnya, sejumlah daerah seperti Kota dan Kabupaten Bogor, kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, kabupaten Sukabumi dan kabupaten Sukabumi sudah mendapatkan program penyambungan listrik gratis ini. Adapun total rumah tangga tidak mampu di Jawa Barat yang mendapat sambungan listrik gratis BUMN ini sebanyak 100.970 rumah tangga tidak mampu. (Denny)

Related Articles

Close
Close