EKONOMI

KAI Kembali Sediakan Angkutan Motor Gratis Pada Musim Mudik 2019

SPOL.Bandung,- Meski tidak dirancang untuk perjalanan jauh dan membawa barang banyak, namun para pemudik kerap menjadikan kendaraan roda 2 ini menjadi sarana transportasi mudik lebaran.

Terkait dengan hal itu, untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya serta mengurangi kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019.

“Kegiatan ini diselenggarakan mulai 27 Mei – 2 Juni 2019 untuk arus mudik , dan mulai 8 -13 Juni 2019 untuk arus balik” tutur Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro dalam keterangan resminya. Rabu (12/03/2019)

Edi menjelaskan, untuk total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan. Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 ini yakni Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi. Sedangkan untuk Lintas Selatan dibagi menjadi 2 yakni Lintas Selatan 1: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun -Kutoarjo dan lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi.

“Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar melalui online atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang” terangnya.

Edi menambahkan, KAI menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar Angkutan Motis, yang terbagi atas arus mudik 32.436 dan arus balik 25.652.Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

“KAI mendukung penuh program pemerintah untuk Anguktan Motor Gratis ini, karena dengan menggunakan moda transportasi kereta api, keselamatan para pemudik akan meningkat. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini,” pungkas Edi Sukmoro.

Sementara dalam kesempatan yang sama Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan bahwa khusus untuk Angkutan Motis dengan fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan Ekonomi Komersial di Daop 2 disediakan 8.480 tempat duduk yang terdiri dari 4.240 tempat duduk pada arus mudik dan 4.240 tempat duduk pada arus balik. Menurut Joni, ada empat kereta keberangkatan Daop 2 yang menyediakan tempat duduk untuk pendaftar Motis yaitu KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Pasundan, dan KA Pasundan Lebaran.

“Artinya bahwa PT KAI memfasilitasi masyarakat yang menggunakan layanan motis sekaligus dengan tempat duduk di kereta apinya selama kuota masih ada yaitu untuk pendaftar mulai 12 Maret sampai dengan 13 Mei 2019. Setelah tanggal itu, hanya difasilitasi angkutan motornya saja” ungkapnya.

Sampai hari ini (13/03), imbuh nya, sudah tercatat 130 pendaftar di Stasiun Kiaracondong dan 120 pendaftar di Stasiun Cimahi.

“Kapasitas Angkutan KA Motis untuk Lintas Selatan 1 adalah 464 motor perharinya” pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close