EKONOMI

Peluang First House Masih Terbuka Lebar

SPOL.Bandung,- Meski tren bisnis properti masih mengalami perlambatan, khususnya untuk rumah kedua untuk kalangan menengah dan menengah atas, namun masih ada peluang untuk pasar rumah pertama.

“Sektor properti masih punya peluang dan potensi tumbuh, salah satu nya adalah first house (rumah pertama), dan saya rasa segmen ini akan banyak dibidik oleh kalangan pengembang” ujar pengamat properti Agus Mulyanto kepada wartawan saat ditemui di bilangan jalann Setia Budi Bandung. Kamis (14/05/2019).

Aguy sapaan akrab dari Agus Mulyanto, mengungkapkan meski punya peluang bagus, namun sejumlah halangan juga harus diperhatikan terutama kenaikan bahan baku untuk perumahan. Contohnya seperti besi yang saat ini mengalami kenaikan hingga 40 persen.

“Selain bahan baku, untuk di kota Bandung ada juga persoalan tentang perizinan” tegasnya.

Aguy menambahkan, harus diakui saat ini sudah ada terobosan regulasi serta perizinan dari pemerintah kota Bandung, seperti tidak perlu lagi ada SIUP, TDP dan lainnya. Semuanya kini bisa dilakukan melakui pelayanan satu atap, namun dalam implementasi dilapangan masih ada hambatan.
“Saya kira, itu terjadi karena antara regulasi yang lama dan baru masih ada hal yang belum singkron, sehingga harus dibenahi agar bisnis properti di kota Bandung bisa kembali menunjukan tren percepatan” pungkasnya. (Denny).

Related Articles

Close
Close