JAWA BARAT

Melalui Ngadu Bako, JBI Sukseskan Program Citarum

SPOL.Bandung,- Program Citarum Harum merupakan agenda pemuliaan peradaban, karena wajah sungai citarum adalah wajah masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Umum Jaringan Bandung Inisiatif (JBI) Ari mulya subagja.

“Program Citarum Harum adalah salah satu agenda strategis nasional, sehingga tidak boleh terlupakan dalam perjalanan bangsa” Ujar Ari kepada wartawan di sela sela peresmian JBI, Rabu (10/04/2019)

Ari menegaskan, dicanangkannya agenda rehabilitasi sungai citarum oleh pemerintah melalui Perpres No.15 Tahun 2018, merupan bersama tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat. Oleh karena itulah, sambungnya, JBI akan turut serta mensukseskan program tersendiri dengan sentuhan edukasi berbasis kearifan lokal.

“Kami masuk dan membantu dalam bantuk lain, tidak hanya sekedar membersihkan tapi lebih mengedukasi masyarakat agar mereka yang selama ini acuh tak acuh menjadi rasa memiliki” terangnya.

Harapannya, dengan rasa memiliki itu, jika nanti ada yang buang sampah, buang limbah maka peran aktif masyarakat ini akan bergerak, tidak hanya tentara saja tapi juga masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan yang kuat.

“Jadi nanti jika masih ada pabrik yang buang limbah sembarangan, masyarakat bisa melaporkan termasuk mengingatkan masyarakat lainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan” terangnya.

Ari menambahkan, bentuk edukasi ke masyarakat ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti penyuluhan, berdikusi dengan masyarakat dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Kami diwilayah sektor 3 citarum, pacet majalaya, sudah melaksanakan edukasi diantaranya dengan Ngadu
bako dan kegiatan seni budaya” Pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close