JAWA BARAT

Tarian Ronggeng Geber Bandung Libatkan Ribuan Penari

SPOL.Bandung,- Sambut hari tari se-Dunia, ribuan penari akan memadati kota Bandung pada akhir pekan ini. Menurut Mas Nanu Munajar atau Bah Nanu selaku Dewan Pengarah Hari Tari Sedunia, dalam pembukaan kegiatan “Bandung Ayo Menari 24 Jam” ini akan digelar tarian Ronggeng Geber Bandung oleh ratusan penari.

“Saat ini sudah tercatat sekitar 3.000 orang penari ronggeng Geber Bandung yang akan ikut ambil bagian dari kegiatan hari tari dunia di area CFD Dago pada 28 Aprik 2019” Ujar Bah Nanu kepada wartawan di sela-sela konperensi press di Bandung, Senin (22/04/2019)

Acara ini, ungkapnya, sebagai sarana memperkuat dan meramaikan Hari Tari Dunia, sekaligus mengakomodir sanggar-sanggar tari yang ada di Jawa Barat yang ingin pula memeringati Hari Tari Dunia tersebut. Oleh karena itu, ditampilkanlah tarian kolosal yang dimainkan para penari dari anak-anak sampai dewasa yakni tarian Ronggeng Geber Bandung yang diiringi alunan lagu ‘Siuh’.

“Ronggeng Geber menggunakan media hihid atau kipas tradisional berbahan bambu dalam gerakan tariannya” terangnya.

Bah nanu menambahkan, tarian ini selain hadir sebagai tarian peringatan Hari Tari Dunia juga sarat dengan makna, terutama terkait dengan kondisi negeri saat ini. Dia menjelaskan ronggeng, adalah penari perempuan yang menampilkan keterampilannya dalam menari, sedangkan hihid atau kipas adalah alat untuk mengipas atau menggeber dalam bahasa Sunda untuk mendinginkan hawa agar menjadi adem.

“Jadi sederhanya tari kolosal Ronggeng Geber Bandung ini merupakan semangat Bandung dengan segala kreativitasnya yang senantiasa terus menyala untuk kembali mengademkan suasana” pungkasnya.

Acara yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dan didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar ini diharapkan mampu agenda tahunan untuk menunjang sarana promosi seni dan budaya kota Bandung dan Jawa Barat baik lokal maupun internasional. (Denny)

Related Articles

Close
Close