EKONOMI

Tantangan E-Commerce Jadi Sorotan Kanwil III KPPU

SPOL.Bandung,- Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat diharapkan bisa dinikmati oleh semua pihak tidak hanya oleh sebagian saja. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah III KPPU, Aru Armando.

“Kita ingin pertumbuhan perekonomian yang berkeadilan, artinya tumbuh tinggi dan pemerataannya juga ada.” ujar Aru dalam kepada wartawan di sela-sela peresmian Kantor Wilayah III KPPU di Bandung, selasa (14/05/2019)

KPPU, imbuhnya, adalah tools untuk itu dan akan melakukan harmonisasi atau advokasi di wilayah kerja III yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. ” Jabar sendiri memiliki skala ekonomi yang besar dengan kontribusi terhadap perekonomian nasional” terangnya.

Lebih jauh Aru mengatakan, saat ini kehadiran e-commerce menjadi tantangan tersendiri. Sebagai sebuah sistem perdagangan tata niaga yang batas-batas yang kian kabur (borderless), E-commerce ini menghadirkan banyak cela yang berpotensi menjurus pada sistem persaingan yang tidak sehat. Oleh karenanya, tegas Aru, tantangan perekonomian digital ini akan menjadi salah satu program prioritas KPPU.

“KPPU berusaha memahami ekosisten dan masalahnya, serta membangun kerja sama dengan KPPU negara lainnya, sebab hal ini juga menjadi tantangan global” ujarnya.

Aru menambahkan, E-commerce ini lintas batas negara, sehingga harus ada kerjasama dengan otoritas persaingan usaha di negara lain. “Kita perlu kerja sama dengan otoritas  persaingan usaha negara lain untuk saling bekerja sama, karena bukan hanya di Indonesia saja ini,” pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close