EKONOMI

Demi Keselamatan, Daop 2 Rutin Rawat dan Perbaiki Prasarana KA

SPOL.Bandung,- Sebagai upaya meningkatkan kehandalan prasarana perkeretaapian, PT KAI Daop 2 Bandng secara rutin melaksanakan perbaikan wesel jalan kereta api.

“Wesel adalah salah satu alat penting dalam pengoperasian kereta api. Hari ini dilakukan normalisasi di wesel 28 Statsiun Bandung” Ujar Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal, kepada wartawan di Statsiun Bandung. Selasa (14/05/2019)

Wesel ini, terangnya, adalah alat untuk memindahkan kereta api dari jalur satu ke jalur lainnya. Jadi, alat ini berada di jalur kereta api yang berfungsi mengalihkan pergerakan roda ke jalur yang telah direncanakan.

“Untuk tahun ini ada 10 wesel yang baru, sedangkan wesel-wesel lainnya dilakukan normalisasi untuk terus meningkatkan kehandalan alat ini” ujarnya.

Saridal mengatakan, perawatan dan perbaikan meliputi penukaran lidah wesel, perbaikan motor wesel, perbaikan lebar jalur, perbaikan lidah wesel aus, dan angkatan. Tujuan utama dari kegiatan ini, imbuhnya, yaitu untuk normalisasi kerja alat prasarana sehingga akan menghilangkan gangguan dan meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. 

“Komponen prasarana sangat kami perhatikan karena sangat berkaitan dengan keselamatan operasional kereta api. Jadi, di jalur kereta api itu banyak komponennya dan semuanya selalu dalam perawatan dan pengawasan rutin,”pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close