JAWA BARAT

299 Orang Siswa SMA Mengikuti Penataran Kader Bela Negara

SPOL.Cikole,- Sebanyak 299 orang siswa dari dari berbagai Sekolah Tingkat SLA se Jabar dan Banten mengikuti penataran Kader Bela Negara di Dodik Bela Negara Bandung.

“Manfaatkan kesempatan ini sebagai forum komunikasi, baik antara peserta maupun dengan para pembina dan pelatih dalam menyerap sebanyaknya pengalaman serta ilmu pengetahuan yang sangat berharga” ujar Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Arh G.T.H. Hasto Respatyo, S.T saat membuka penataran Kader Bela Negara Tingkat SLA di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Jalan Raya Cikole Lembang, Selasa (21/5).

Selama berada di Dodik Bela Negara ini, ungkapnya, para peserta diharapkan untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat dijadikan bekal pengembangan kepribadian sekaligus memiliki keterampilan untuk meniti masa depan yang lebih baik.

“Selama mengikuti kegiatan ini, akan diberikan pembekalan terkait dengan wawasan kebangsaan, semangat nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara sekaligus kemampuan awal bela negara, ” tegasnya.

Aster menambahkan, untuk menumbuhkan watak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara tidak bisa dilaksanakan secara sektoral oleh kalangan tertentu atau hanya menjadi tugas Pemerintah Daerah maupun Instansi Militer saja. “Diperlukan dukungan dan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat lainnya termasuk Kodam III/Siliwangi” tegasnya.

Setelah selesainya mengikuti kegiatan ini, ungkapnya, para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan sekolah maupun ditempat tinggal masing-masing. Selain itu,
penataran Kader Bela Negara ini dijadikan momentum sebagai Kawah Candra Dimuka yang rekreatif dan menyenangkan serta jauh dari kesan keterpaksaan, tertekan atau menganggap kegiatan ini sebagai bentuk militerisasi.

“Kegiatan ini dilakukan merupakan upaya Kodam III/Siliwangi bersinergi dengan Instansi Pendidikan dengan mengadakan kegiatan penataran Kader Bela Negara yang juga merupakan amanat UU No. 34 tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangnan, terutama pembangunan karakter Bela Negara kepada generasi muda” pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close