JAWA BARAT

Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Civitas Hospitality RSJ Jabar Gelar Halal Bi Halal

Cisarua – Civitas Hospitalia Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat menggelar acara Silaturahim dan Halal bi Halal di RS Jiwa Provinsi Jawa Barat, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Rabu (19/06/2019). Selain dihadiri oleh jajaran pimpinan dan Staf Rumah Sakit, acara tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Provisi Jawa barat, Iwa kartiwa, Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Mitra RS Jiwa Jawa Barat seperti Perguruan Tinggi, perbankan serta sejumlah pimpinan Rumah Sakit di lingkup Dinas kesehatan Provnsi Jawa Barat.

Acara berlangsung cukup meriah dengan hiburan-hiburan yang dibawakan oleh karyawan/karyawati RS Jiwa Jabar dalam kelompok paduan suara yang membawakan lagu-lagu religi, serta penampilan pasien rehabilitasi yang menampilkan kepiawaian merekadalam bermain alat musik angklung. Suasana acara halal bi halal terasa khidmat saat Ust Dudi Mutaqien menyampaikan taushiyah dan doa di tengah-tengah acara.

Dalam sambutannya, Plt Direktur RS Jiwa Provinsi Jawa Barat,dr Riza Putra, Spj mengatakan, kegiatan silaurahim ini bertemakan, “Dengan Silaturahim, Kita Tingkatkan Ukhuwah di Lingkungan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat”. Ia juga menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para senior para purna tugas RS Jiwa Jawa Barat. “Tanpa keberadaan para senior, kai tidak akan ada apa-aanya. Karena sejatinya, merekalah yang mengawali keberadaan RS Jiwa Jawa Barat dan membimbing kami yang saat itu masih junior, untuk bisa melanjutkan kemajuan RS Jiwa Jawa Barat ini,” turur dr. Riza.

Sementara itu, dalam taushiyahnya, Ust Dudi Mutaqien menyampaikan materi mengenai keutamaan menjaga tali sitarahim di lingkungan keluarga serta kerabat. menurutnya, silaturahim bisa mendatangkan rejeki, itu adalah benar, karena dengan silaturahim akan terjalin komunikasi yang pada akhirnya akan terbentuk kedekatan emosional antara sesama manusia.

“Demikan pula dengan keluarga, pasangan suami dan istri serta anak-anak perlu dijalin silatuahim yang baik agar tercipta rasa saling menghormati, dan saling menghargai diantara mereka yang pada akhirnya akan menjauhkan dari hal-hal yang berpotensi menodai ibadah kita kepada Allah SWT,” papar Ust Dudi.

Di akhir ceramahnya, Ust Dudi juga berpesan kepada seluruh undangan yang hadir, agar bisa terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya dalam setiap kesempatan. “Semua itu akan menjadi pahala yang bisa menyelamatkan kita di akhirat kelak,” pungkasnya.

Usai taushiyah juga sempat diberikan apresiasi kepada sejumlah purnatugas RS Jiwa Jawa Barat yang diberikan langsung oleh Plt Direktur RS Jiwa Jawa Barat, dr. Riza Putra SPj, dan dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.

Sementara itu, Plt direktur RS Jiwa Bandung, dr. Riza Putra Spj, saat diwawancara wartawan mengatakan, hingga saat ini keberadaan RS Jiwa Jawa Barat yang beridiri sejak tahun 1945 merupakan gabungan dari RSJ Bandung dan Cimahi yang melayani rawat jalan dan rawat inap di lahan seluas 23 Ha. “Saat ini jumlah ruang rawat di RS Jiwa Jawa Barat sebanyak 201 tempat tidur yang difungsikan untuk merawat pasien-pasien gangguan jiwa di wilayah provinsi Jawa Barat dan wilayah lain di luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas dia.

Saat ini, tambah dr. Riza, pihaknya tengah merawat sebanyak 192 pasien gangguan jiawa. “Namun dari para pasien yang saat ini diraawat, kami belum menccatat adanya pasien dari kalangan Calon Anggota Legislatif yang gagal, meski instalasi dan ruang rawat untuk merwat pasien caleg sudah kami persiapkan baik untukkelas VIP kelas 1 samai kelas 3,” pungkas dr Riza saat ditanya mengenai pasien gangguan jiwa pasca Pemilihan Legislatif 2019.(adem)

 

Related Articles

Close
Close