EKONOMI

Perahu Berdaya untuk Nelayan di Desa Dedeta, Halmahera Utara

SPOL.Maluku Utra,- Rumah Zakat menyalurkan bantuan Perahu Berdaya untuk Syarif dan Mulyadi, seorang nelayan di Desa Dedeta, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pada Rabu (3/7). Kini, mereka memiliki perahu jenis fiber yang mempunyai kecepatan lebih baik dibandingkan dengan perahu yang sebelumnya mereka miliki.  

“Biasanya Pak Syarif dan Pak Mulyadi membutuhkan waktu 12-15 jam perjalanan untuk melaut. Setelah mendapatkan bantuan perahu dari Rumah Zakat, kini waktu mereka bisa digunakan untuk aktivitas lainnya, karena dengan perahu tersebut bisa menghemat waktu mereka 3-5 jam lebih cepat,” jelas Siti Fathonah, Relawan Rumah Zakat. 

Di Desa Dedeta, ikan tuna merupakan salah satu potensi unggulan perikanan dan kelautan di wilayah perairan Halmahera Utara. Meskipun potensial, namun ada beberapa kendala yang dialami oleh para nelayan, tidak adanya penampung atau tengkulak yang mengakomodir hasil tangkapan para nelayan merupakan salah satu hambatan yang saat ini belum bisa terpecahkan. 

“Di sini jumlah ikan tuna melebihi kebutuhan warga, jadi harga jualnya murah. Kami ingin sekali menjualnya ke tengkulak, tapi jaraknya sangat jauh dan memerlukan modal yang tidak sedikit,” kata Mulyadi.

Selain digunakan untuk melaut, Perahu Berdaya Rumah Zakat juga digunakan sebagai alat transportasi darurat bagi warga yang sedang sakit. Tidak adanya fasilitas kesehatan di Desa Dedeta mengharuskan warga pergi ke Rumah Sakit yang terletak di Kabupaten dengan jarak sekitar 9 jam, namun kini warga hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam dengan menggunakan Perahu Berdaya dari Rumah Zakat.(Ris)

Related Articles

Close
Close