EKONOMI

Polemik Pernikahan Perkerja PT KAI, Akhirnya Temui Titik Terang

SPOL.Bandung,- Setelah pertemuan tripatrit ke tiga antara Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA), Manajemen PT. Kereta Api Indonesia (persero) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung pada 3 Juli 2019 lalu akhirnya menemui titik terang penyelesaian.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) SPKA, Agus Budi Dwi Santoso, Disnaker kota Bandung, pada senin (09/07/2019) menerbitkan surat bernomor 567/4162-Disnaker yang berisi beberapa hal diantaranya kembali meninjau Peraturan Direksi Nomor PER.U/KH.314/III/I/KA-2018 tentang Peraturan Pernikahan Bagi Pekerja pada Lingkungan PT KAI (Persero).

“Surat tersebut ditandatangi oleh Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifuddin, dan 3 mediator, yaitu Siti Hadidjah Maulidia, Asep Rahayu Mardana, dan Terdi Ronman” ujar Budi kepada wartawan dalam keterangan resminya. Jumat (12/07/2019).

Budi menjelaskan, berdasarkan surat dari Disnaker Kota Bandung ini, maka pada hari kamis (11/07/2019) dilakukan pertemuan antara pihak SPKA dan Manajemen PT KAI yang diakhiri dengan penandatanganan perjanjian bersama di ruang rapat Corporate Deputy Director Personal Care, Control and Drvelopment.

“Saya mewakili SPKA dan Manajemen KAI diwakili VP MCO, Aryo Pamantjar” terangnya.

Inti perjanjian itu, imbuhnya, adalah manajemen PT KAI (Persero) mencabut peraturan direksi tersebut dan melakukan penyesuaian ketentuan dalam PKB. Pihak manajemen juga akan segera mengembalikan para pekerja yang telah mutasi, oada posisi semula secara bertahap
termasuk, para pekerja berstatus suami istriĀ  pada level pelaksana.

“Mereka kembali pada kedudukan semula. Maksimal, 3 bulan pasca penandatanganan Perjanjian Bersama ini,” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close