PENDIDIKAN

Toni Toharudin Akan Membawa Unpad Masuk 500 Jajaran Universitas Dunia

SPOL.Kab.Bandung,- Bakal calon (balon) Rektor Unpad 2019 – 2024, Toni Toharudin mengungkapkan bahwa salah satu strategi agar Universitas Padjajaran (unpad) bisa masuk dalam jajaran 500 universitas dunia adalah dengan memperbanyak jurnal ilmiah / prosiding yang terindeks scopus.

“Hal ini tentu berkaitan dengan kegiatan mahasiswa S3 maupun S2 yang melakukan penelitian secara lebih mendalam, di dorong agar bisa menghasilkan jurnal yang diakui dunia” ujar Toni dalam konfrensi pers di kawasan Ekowisata & Budaya, Alam Santosa Kab.Bandung. Selasa (03/09/2019)

Mahasiswa S3, ungkapnya, melalui penelitiannya menjadi ujung tombak komunikasi serta hubungan dengan universitas lainnya termasuk yang berada diluar negeri. Oleh karena itu, sambungnya, dengan sendirinya nama Unpad akan terangkat dan lebih dikenal lagi. “Tidak menutup kemungkinan, ke depan kita akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke program Doktor (S3)” tegas Toni.

Lebih jauh dosen dosen statistika FMIPA UNPAD ini mengatakan, secara umum, jurnal penelitian dari para mahasiswa sudah sangat bagus. Namun jika ingin lebih dikenal maka jurnal tersebut juga dibuat dalam bahasa Inggris sehingga diharapkan bisa menjadi bahan kajian para peneliti atau mahasiswa di luar negeri. Oleh karenanya harus diciptakan manajemen berbasis komunitas. Hal Ini, tegasnya, memungkinkan seluruh civitas akademika bertanggung jawab memajukan Institusinya.

“Kita harus bahu membahu membangun jejaring dengan peneliti terbaik kelas dunia. Di antaranya melakukan akselerasi publikasi Internasional, maupun membentuk International Advisory Board pada setiap level” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close