EKONOMI

Binaan Rumah Zakat Ekspor Gula ke Amerika

SPOL.Banjarnegara,- Produk gula kelapa kristal binaan Rumah Zakat di Desa Gumelem Kulon, Banjarnegara berhasil melakukan ekspor ke Amerika. Gula kelapa kristal memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan warga. 

Saat ini, kapasitas produksi gula kelapa kristal di Desa Gumelem Kulon sudah mencapai dua hingga lima ton per bulan. Satu kilogram gula dihargai sebesar Rp14.000 dari petani. 

“Alhamdulillah sampai saat ini harga jual gula di petani sudah mulai stabil, pesanan gulapun semakin meningkat. Semoga usaha pemberdayaan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,”ujar Sarwin, Fasilitator Rumah Zakat, Selasa (9/4).

Melihat potensi tersebut, Bupati Banjarnegara bekerjasama dengan Rumah Zakat meresmikan Bummas Maju Lestari di Desa Gumelem Kulon. Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Indakop, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Susukan, Kepala Desa Gumelem Kulon, dan dihadiri beberapa warga sekitar. 

Saat ini, anggota Bummas Maju Lestari sudah mencapai 40 orang. Mereka dibina oleh Sarwin selaku Fasilitator Rumah Zakat untuk terus meningkatkan produksi dan pemasaran gula kristal hingga ke Amerika. (rls)

Related Articles

Close
Close