JAWA BARAT

BNNP Jabar Waspadai 803 Jenis Narkotika Baru

SPOL.Bandung,- Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat (Jabar), Brigjen Pol Sufyan Sarif, menyatakan bahwa di dunia saat ini ada sekitar 803 jenis narkotika. Dimana 74 jenis diantaranya sudah masuk ke Indonesia.

“Jadi masih ada sekitar 700 lebih jenis narkotika baru yang harus diwaspadai, karena ke depab bukan tidak mungkin akan masuk jenis narkotika jenis baru ke Indonesia” ujar Sufyan Sarif kepada wartawan dalam seminar anti narkoba dengan tema “Waspadai Narkoba di Zaman Now” yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Tionghoa Indonesia (Fokti) di Bandung Trade Center (BTC) Bandung, Senin (07/10/2019) malam.

Di Jabar, ungkapnya, dari 50 Juta warga 27 juta diantaranya merupakan usia produktif dan menjadi sasaran dari penyalahgunaan narkotika. Oleh karenanya harus dilakukan pencegahan yang melibatkan semua unsur tidak hanya dari petugas saja. BNNP Jabar sudah melakukan kerjasama dengan Gubernur, Walikota, Bupati, Kepala Desa hingga RT dan RW untuk bersama – sama menjaga lingkungan diwilayahnya, dan tentunya juga bekerja sama dengan babinsa dan babinkamtibmas untuk melakukan upaya pencegahan. ” Upaya pencegahan ini tidak hanya dilakukan oleh petugas tapi juga melibatkan semua unsur terkait untuk menjaga orang-orang yang kita sayangi” tegasnya.

Sufyan Sarif menambahkan, masalah narkotika, Sufyan tidak cukup hanya dalam tahap penangkapan dan diproses, namun ada hal yang lebih penting ialah pencegahan dan penyembuhan.

“Jadi sangat perlu proses penyembuhan bagi yang sudah terkena dan diproses hukum bagi pengedar narkotika,” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close