JAWA BARAT

Cegah Kebakaran, Jabar Gandeng ICA Audit Peralatan Listrik Seluruh Rumah di Jabar

SPOL.Bandung,- Sebagai tindakan prefentif mengurangi bencana kebakaran di wilayah Provinsi Jawa Barat, International Copper Association (ICA) berkerjasama dengan pemerintah Pemprov Jabar akan melalukan audit peralatan listrik di setiap rumah penduduk mulai 2019 – 2024.

“Jadi, semua rumah akan diaudit oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kerja sama dengan mereka (ICA). Nanti akan ketahuan kategorinya rumah yang aman, kurang, aman, dan tidak aman,” Ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada wartawan di Aula Barat ITB. Senin (29/04/2019)

Menurut emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. Untuk rumah dengan kategori kurang aman dan tidak aman, maka akan diberikan edukasi mengenai peralatan listrik, sehingga diharapkan pemahaman warga untuk menggunakan peralatan listrik dengan kualitas memadai bisa tumbuh. Selain itu juga akan ada edukasi kepada para petugas instalasi listrik yang ada di Jabar.

” dengan peralatan listrik berkualitas, maka tidak terjadi lagi 70 persen kebencanaan kebakaran disebabkan oleh peralatan listrik” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur ICA Wilayah Asia Timur dan Tenggara Collin May mengatakan penyebab kebakaran antara lain perawatan tidak sesuai standar, terdapat bagian listrik yang terbuka, isolasi kabel yang buruk, terjadi overload pada sistem instalasi listrik, kerusakan pada sistem instalasi listrik, penggunaan peralatan instalasi listrik yang standar, dan kondisi listrik yang buruk.

“Ini adalah sebuah kenyataan umum, tidak hanya di Indonesia tapi di beberapa negara bahwa pengguna atau konsumen tidak peduli dengan kabel listrik di rumahnya. Orang-orang mengira bahwa kabel listrik di rumah mereka sudah aman dan sistem pelistrikannya sudah diatur dan dicek,” Pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close
Close