PENDIDIKAN

Dikukuhkan Sebagai Guru Besar ISBI Bandung, Prof. Arthur Sampaikan Orasi Ilmiah Nyeni

SPOL.Bandung,- Dipenghujung tahun 2019, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung mengukuhkan Arthur S Nalan sebagai Guru Besar Sosiologi Seni ISBI Bandung.

Dalam pengukuhan tersebut, Prof. Arthur menyampaikan orasi ilmiah Nyeni (Nusantara Yang Eklektik Nan Indah). Dimana topik tersebut dipilih setelah melalui perenungan dan terinspirasi dari buku “Orang Jawa Nyeni (2000).

“Mencari topik yang menarik tidaklah mudah. Maka saya sengaja memilih judul orasi yang berbeda dari yang lain di kampus manapun” ujar Prof. Arthur kepada wartawan di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung. Kamis (19/12/2019)

Prof. Arthur mengungkapkan melalui Nusantara Yang Eklektik Nan Indah ini, dirinya ingin mengajak semua hadirin menyadari bahwa Nusantara adalah potensi budaya, modal budaya, sosial dan kreativitas. “Nusantara adalah kemajemukan yang langka di dunia dan telah terkenal sejak lampau” tuturnya.

Dalam buku Indonesia Heritage, Ungkap Prof. Arthur, dijelaskan setidaknya ada 10 gambaran kekayaan dan keindahan Indonesia mulai dari Ancient History, The Human Environmental hingga seni pertunjukan, bahasa dan sastra dimana hal tersebut menunjukan eklektik yang ada. “Artinya kita tidak perlu malu untuk bersaing dengan bangsa lain di dunia” tegasnya.

Prof. Arthur menambahkan, tapi tentunya kita tidak cukup hanya kagum saja. Tapi perlu mengenali, memahami, bahkan menghayatinya dengan penuh kasih sayang. Lahirnya, Undang Undang No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, membuat banyak yang harus kita lakukan bersama karena jendela kekayaan dan keindahan dalam indonesia heritage itu menjadi kerja besar dan serius.

“Namun meski demikian, karena perkembangan jaman telah berlangsung perubahan. Jadi nampaknya perlu pemetaan baru dan eklektik baru untuk indonesia heritage yang baru pungkasnya” (Dens)

Related Articles

Close
Close