JAWA BARAT

Klinik Utama Halmahera Medika Kini Dilengkapi Fasilitas DBC

SPOL.Bandung,- Jangan sepelekan nyeri punggung (Low Back Pain) karena akan sangat menggangu aktivitas keseharian.

Menurut Direktur Klinik Utama Halmahera Medika dan Wadir Umum dan Keuangan RSKB Halmahera Siaga, Hang Dimas Santoso mengungkapkan bahwa masalah yang timbul pada tulang seperti Low Back Pain ini tidak selalu disebabkan oleh hal yang berat seperti cedera olahraga atau cedera kerja.

“Hal ini lebih banyak disebabkan oleh pola hidup sehari-hari yang salah seperti posisi duduk, posisi membaca atau mengangkat beban berat. Kasus terbanyak yang ditimbulkan oleh permasalahan pola hidup ini adalah nyeri punggung bawah,”ungkapnya disela peluncuran fasilitas Documentation Based Care (DBC) Klinik Utama Halmahera Medika, Sabtu (15/2/2020).

Dimas mengungkapkan, mayoritas masyarakat di Indonesia belum menyadari mengenai pentingnya rehabilitasi medis. Rehabilitasi medis sebagai upaya dini mengatasi masalah tulang, sendi maupun otot. Secara fisik maupun mental,  rehabilitasi medis  mengembalikan kemampuan dan kualitas hidup pasien seperti semula.

“RSKB Halmahera Siaga layanannya terus berkembang. Bukan hanya khusus bedah, juga punya non bedah. Di klinik Utama Halmahera Medika yang kami kembangkan sebagai klinik rehabilitasi medis, kini mempunyai fasilitas DBC (Documentation Based Care) pertama di Jawa Barat. Alat ini berfokus pada penyembuhan otot punggung, leher, bahu dan lutut. Ada 12 unit fasilitas DBC yang kami miliki,”tuturnya.

Dikatakannya, nyeri punggung bawah bila dibiarkan dapat semakin parah, meski melalui proses yang cukup lama.

“Jadi sebenarnya kita anjurkan jangan sampai terlalu parah sehingga harus dioperasi. Jadi sebaiknya begitu ada gejala, coba diperiksakan dulu, kalau ga ke dokter bisa ke physiotherapist. Jadi kalau di klinik Utama Halmahera Medika, bisa minta konsultasi,”ucapnya.

Ia juga mengatakan,  pasien dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter maupun physiotherapist yang ada di klinik Utama Halmahera Medika. Sehingga dapat diketahui perlu atau tidaknya sebuah tindakan operasi, atau dapat ditangani langsung dengan fasilitas yang ada di klinik Utama Halmahera Medika.

“Jadi kita spesialis, ada alat khusus untik tulang punggung, itu bisa dari belakang sampai tulang pinggang. Lalu leher sampai bahu, kemudian lutut, itu banyak kasus cedera olahraga dan lanjut usia. Jadi tujuan rehabilitasi medis ini tujuannya mencegah jangan sampai operasi,”imbuhnya.

Selain memiliki fasilitas DBC, klinik Utama Halmahera Medika juga menurut Dimas, mempunyai fasilitas alat seperti diantaranya Extracorporeal shock wave therapy,  ultra sound dan laser.

Selain melayani fisioterapi untuk masalaj otot dan tulang, klinik juga melayani rehabilitasi untuk tumbuh kembang anak, stroke, cedera olahraga dan cedera kerja.

“Banyak sekali alat yang dimiliki, yang tujuannya untuk mengurangi nyeri,”pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close