EKONOMI

Bantu Perbaiki Pendidikan, Ekomomi dan Kesehatan Warga Srikandi

Kiprah Euis Karwati di Pangalengan

PANGALENGAN – Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, DR. Hj Euis Karwati, M.Pd, mendapat sambutan warga perkebunan teh di Kampung Srikandi, Desa Wanasuka. Kecamatan Pangalengan. Di daerah “terpencil” Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini, Euis mengemukakan niatnya untuk maju dalam dalam Pileg 2019.

Kepada warga setempat, Caleg nomor urut  8 dari Partai Nasdem tersebut, berjanji akan membangun sarana/prasarana pendididikan hingga tingkat SLTP.  Menurut sejumlah warga, sarana/prasarana pendidikan formal di desa tersebut baru sampai tingkat SLTP dengan jarak tempuh relatif jauh dari rumah warga.

Bahkan, menurut warga lain, anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTA harus  ke luar wilayah desa, yakni di kota Kecamatan Pangalengan yang jaraknya lebih jauh lagi. Untuk menempuh sekolah itu, orang tua harus mengeluarkan biaya transportasi yang cukup tinggi.

Melihat kenyataan  itu Euis menegaskan akan segera membangun sarana pendidikan yang dibutuhkan warga dengan jarak tempuh yang lebih dekat. Sehingga tidak memerlukan biaya transportasi tinggi.

“Saya berharap, anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTP/SLTA, bisa menempuh sekolahnya sedekat mungkin. Saya kasihan, untuk menempuh lokasi SLTP, mereka harus berjalan kaki menempuh jarak yang relatif jauh,” kata Duta Pendidikan Khusus Indonesia itu, kemarin.

Salah seorang ketua RW setempat, Dedih,menyebutkan pihaknya telah lama berupaya mengajukan pembangunan sarana pendidikan kepada pihak terkait, untuk memangkas jarak tempuh ini. “Tapi sampai sekarang pengajuan kami ini belum terealisasi. Karena itu, jika Bunda Euis terpilih nanti, kami berharap bisa membantu menyuarakan keinginan warga ini,” ujarnya.

Warga desa yang sebagian besar buruh perkebunan teh itu juga menyampaikan keluhan lain serputar menurunnya pendapatan mereka akhir-akhir ini. Tapi warga tidak tahu penyebab terjadinya penurunan pendapatan itu.

Karena itu pula mereka berharap Euis bisa membantu menyelesaikan masalah warga untuk menstabilalkan ekonomi setempat. “Kami berharap lagi kepada Bunda, untuk bisa mengupayakan agar pendapatan kami kembali normal seperti sebelumnya,” kata Dedih.

Ha lain yang terungkap dalam pertemuan antara Euis, yang dikenal sebagai aktivis pendidikan ini, dengan warga, yakni masalah kesehatan. Saat ini di sana banyak warga yang terserang rasa sakit di sekitar kaki.

Euis juaga menyatakan kesiapannnya untuk membantu memulihkan kondisi kesehatan warga dengan menggelar pengobatan gratis, sebelum pelaksanaan pemilihan. Sementara warga menyatakan  siap memberikan dukungan untuk kemenangan Euis dalam masa pemilihan nanti.

Sebelumnya, Euis yang peduli terhadap perkembangan pendidikan khusus di Indonesia ini, melakukan pertemuan dengan anggota Pramuka penyandang disabilitas Kabupaten Bandung, di kawasan wisata Cibolang. Di sana ia menyampaikan keingininnya untuk mensejajarkan kondisi sosial para penyandang disabilitas dengan warga lainnya.

“Nanti saya akan menyampaikan berbagai permasalahan sosial yang tengah dihadapi mereka kepada pemerintah, karena ini kewajiban pemerintah,” katanya.(ak)

 

Related Articles

Close
Close