HUKUMOLAHRAGA

Maung Bela Maung

Bandung – Masyarakat Unggul (Maung) Institute menilai, Sanksi yang diterapkan oleh PSS kepada Kesebelasan Persib terkait peristiwa pengeroyokan suporter sepak bola yang menewaskan Haringga Sirla, sebagai hukuman yang berlebihan. Ketua Maung Institute, M. Rizal Fadillah mengatakan, ini insiden di luar tanggungjawab pemain, penonton, serta situasi yang tak mungkin dikendalikan panitia penyelenggara.

“Dalam beberapa pertandingan dulu,  juga ada supporter persib menjadi korban penganiayaan jack mania.  Hukuman Persija tidak seganas saat ini,” tegas Rizal.

Sekarang, tambah Rizal, Persib bermain kandang  tapi di luar, tidak boleh ditonton oleh bobotoh, adalah suatu yang tak adil, perbuatan insidentil, tidak masif tapi penghukuman keras dilakukan bagi persib, panitia dan bobotoh.

Hal senada disampaikan Sekretaris Maung Institute, Harry Maksum. Ia menilai, semua kejadian adalah spontan dan benar-benar di luar kendali.

“Benar terjadi pengeroyokan yang menyebabkan haringga meninggal, tapi semua di luar jangkauan. Jika diperluas  banyak pihak,  maka bisa saja aparat keamanan Kepolisian turut bertanggungjawab karena tak mampu mengamankan dan mencegah kejadian,” terang Harry.

Karenanya, Masyarakat Unggul (Maung) Istitute Bandung menyatakan :

  1. Memprotes hukuman yang terlalu berat Komdis PSSI kepada Persib Bandung;
  2. PSSI kiranya meninjau ulang sanksi kepada Persib yang sangat merugikan Persib maupun bobotoh yang tak bisa menonton langsung pertandingan kesebelasan kesayangannya;
  3. Mereposisi personalia Komdis PSSI karena diragukan kapasitasnya sebagai ‘hakim yang adil’ dalam memutus kasus, bahkan keputusan nya telah merusak semangat perkembangan persepakbolaan Indonesia;
  4. Kepada komunitas komunitas bobotoh di Jawa Barat untuk mendesak PSSI agar bisa mengubah putusan, jangan ada unsur ‘terselubung’ menghambat Persib Juara di kompetisi saat ini;

Demikian pernyataan Maung untuk Maung. “Persib nu aing, tong diganggu, bisi nyakar ka jalma nu teu adil”.

Related Articles

Close
Close