POILITIK

Bawaslu Jakut Limpahkan Kasus ‘Minyak Goreng’ Caleg Perindo ke Polisi

SPOL. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jakarta Utara telah melimpahkan perkara dugaan tindak pidana pemilu ke tahap penyidikan di Polres Metro Jakarta Utara.

“Kegiatan kampanye tersebut tidak ada pemberitahuan dan/atau diduga menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnnya kepada peserta Pemilu sebagaimana diatur dalam Pasal 523 ayat (1) juncto Pasal 280 ayat (1) huruf (j) UU 7/2017 tentang Pemilu,” tegas Benny melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, pagi ini (Jumat, 12/10).

Benny mengingatkan, penegakan hukum Pemilu bertujuan untuk memberikan efek jera, sekaligus untuk menciptakan keadilan elektoral serta melindungi integritas Pemilu.

Ia mengapresiasi Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febriansyah, SIK telah bekerja secara profesional, modern dan terpercaya selama proses penyelidikan bersama Sentra Gakkumdu. Tahap penyidikan ini akan dilakukan selama 14 hari ke depan.

Benny menegaskan, pelanggaran pidana selama tahapan kampanye adalah kejahatan demokrasi. Bawaslu ingin menciptakan kontestasi Pemilu secara jujur dan adil.

“Silakan berkampanye secara dialogis dan bermartabat tapi jangan coba-coba melakukan pelanggaran khususnya pidana Pemilu. Bawaslu bersama Sentra Gakkumdu memiliki komitmen tinggi dalam menegakkan keadilan pemilu,” tandasnya.[wid]

Sumber: RAKYAT MERDEKA

Related Articles

Close
Close