POILITIK

Dipanggil Bawaslu, 12 Kepala Daerah di Riau yang Dukung Jokowi akan Dibela 120 Pengacara

Gubernur dan Kepala Daerah di Riau saat Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf.

SPOL, Pekanbaru – Bawaslu Riau berencana akan memanggil 12 kepala daerah di Riau yang mendeklarasikan dukungan politiknya ke Jokowi-Ma’ruf Amin. Terkait hal itu, tim relawan Jokowi, yakni Tjakra 19 mempersiapkan 120 pengacara untuk kepala daerah tersebut.

“Benar. Kita akan mempersiapkan pengacara terkait rencana Bawaslu Riau yang akan memanggil 12 kepala daerah. Jadi ada 120 pengacara sudah kita siapkan saat ini,” kata Ketua Harian Tjakra 19 Riau, Suhardiman Ambi, Jumat (12/10/2018).

Suhardiman menjelaskan, ada 12 kepala daerah di Riau yang memberikan dukungan politik pada pasangan Jokowi-Amin,. Dukungan tersebut, dinilai merupakan hak masing-masing kepala daerah.

“Karena akan ada pemanggilan dari Bawaslu Riau, makanya kita mempersiapkan setiap kepala akan didampingi 10 pengacara, jadi ada 120 pengacara saat ini sudah kita siapkan untuk mendampingi secara hukum,” kata Suhardiman.

Menurut Suhardiman, 12 kepala daerah tersebut, merupakan putra terbaik di Riau. Sehingga peran mereka selama ini yang sudah membangun di Riau sudah sewajarnya mendapat pembelaan terkait rencana Bawaslu Riau yang akan memanggil mereka atas deklarasi dukungan politiknya kepada Jokowi.

“Semua mereka (kepala daerah) adalah putra Riau yang terbaik yang dipilih rakyat. Satu sisi, mereka juga tidak terlepas dari dukungan partai politik,” kata Suhardiman.

Terkait deklarasi dukungan diteken atas nama kepala daerah, menurut Suhardiman, antara jabatan kepala daerah, jabatan di partai politik tentunya sangat susah untuk membedakannya.

“Dia menjadi kepala daerah karena didukung partai politik, dia diusung rakyat karena diusung partai politik, dia jadi bupati karena dipilih rakyat.Ketiganya itukan tak bisa terpisahkan dan selalu melekat,” kata Suhardiman.

Yang terpenting, lanjut Suhardiman, jalannya roda pemerintahan tidak terganggu dan pembangunan tetap berjalan dengan baik.

“Ya masalah pilihan mereka secara pribadi, ya begitulah berpartai. Saya kira tak ada masalah. Yang jelas kita sudah siapkan pengacara untuk mendampingi mereka jika dipanggil Bawaslu,” kata Suhardiman Ambi yang juga anggota DPRD Riau itu.

Sebagai mana diketahui, sebelumnya 12 kepala daerah menyatakan dukungan politiknya kepada Jokowi. Acara deklarasi ini yang digagas relawan Projo dan Tjakra 19 dimpimpin Gubernur Riau terpilih Syamsuar yang masih menjabat Bupati Siak.

Source link

Related Articles

Close
Close