POILITIK

Puji Pidato Jokowi, Erick Thohir: Presiden Jokowi Tunjukkan Kelasnya Sebagai Pemimpin Dunia

Erick Thohir.

SPOL, Jakarta – Di pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato. Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung hubungan perekonomian di negara-negara maju tengah mengalami keretakan.

Jokowi kemudian mengibaratkan kondisi tersebut seperti serial televisi Game of Thrones. Pidato Jokowi ini menuai pujian.

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, menyebut ada makna tersirat dari analogi Jokowi tersebut. Yakni keinginan Jokowi mengajak semua bersama-sama mengatasi ancaman.

“Dengan analogi ini, Presiden Jokowi menyampaikan pesan moral kepada seluruh pemimpin dunia, bahwa kekuatan bersama itu penting untuk menghadapi ancaman global yang sedang meningkat pesat. Mulai dari perubahan iklim, sampah plastik, sampai ancaman global dan sebagainya,” ucap Erick, Jumat (12/10).

Dia menuturkan, saat Presiden mempertanyakan haruskah rivalitas dibangun atau lebih mengedepankan kerjasama, menurutnya itu pesan yang tepat.

“Pesan moral bapak Presiden memang sangat tepat dan mewakili aspirasi dunia. Dunia sedang berhadapan dengan pilihan, lanjutkan rivalry (pertarungan) atau mulai collaborate (bekerjasama) menghadapi tantangan besar dunia, seperti perang dagang, gangguan teknologi, perubahan iklim, emisi karbon, peningkatan ketimpangan,” jelas Erick.

“Sekali lagi, Presiden Jokowi menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia. Presiden Jokowi mengajak para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan agar mengedepankan kerjasama dan kolaborasi adalah jawaban atas masalah dan ancaman bersama,” sambung Erick.

Menurut dia, lewat pidato itu, Jokowi menunjukkan Indonesia punya semangat mengajak semua negara membangun tatanan baru di global.

“Kepemimpinan Indonesia dalam forum IMF dan World Bank mewakili semangat negara-negara kecil, menengah dan besar untuk membangun tatanan dunia baru yang lebih baik untuk semua,” kata Erick.

Source link

Related Articles

Close
Close