POILITIK

BKP Kementan Berhasil Manfaatkan Lahan Rawa, Indonesia Siap Jadi Lumbung Pangan Dunia

Agung Hendriadi menjadi pembicara dalam acara International Workshop on Tropical Wetlands/Humas Kementan

SPOL. Penyusutan luas lahan karena pertumbuhan penduduk yang cepat memang menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia dalam hal pembangunan pertanian.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menjelaskan sebagai negara keempat terpadat di dunia, ketergantungan pada impor pangan akan menempatkan Indonesia dalam situasi yang sangat rentan. Untuk itu jugalah swasembada pangan adalah suatu keharusan dalam pembangunan pertanian.

Dalam mencapai swasembada pangan, Agung mengatakan BKP Kementan mendorong pencapaian produksi pangan agar mencapai surplus. Salah satu yang dilakukan dalam mencapai surplus yakni memanfaatkan lahan rawa sebagai alternatif jalan keluar kurangnya lahan tanam.

Ia menyadari jika rawa bukan sumber daya lahan yang ideal untuk pertanian. Namun keberhasilan pemerintah mengadakan panen raya padi di atas lahan rawa seluas 240 hektar di Desa Jejangkit Muara, Banjarmasin dinilai Agung adalah sebuah keberhasilan yang menjanjikan untuk pemenuhan pangan masa depan.

“Untuk memperluas area pertanian di lahan rawa dan mengintensifkan sistem pertanian di daerah pertanian yang ada. Lahan rawa dapat dikelola secara menguntungkan dan berkelanjutan,” ungkapnya dalam acara International Workshop on Tropical Wetlands di Banjarmasin, Jumat (19/10).

Agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan rawa BKP membuka perbekalan atau workshop yang digelar Badan Litbang Pertanian.



Sumber: RAKYAT MERDEKA

Related Articles

Close
Close