JAWA BARAT

Command Center Harus Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

BANDUNG-Selain memang sudah menjadi tuntutan jaman, teknologi informasi harus memberi manfaat bagi masyarakat. Apalagi teknologi informasi yang digunakan pemerintah yang memang tugas utamanya adalah melayani masyarakat, seperti halnya pengadaan command center atau CC. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Hening Widyatmoko, dalam diskusi video conference tentang optimalisasi command center dalam pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik di Bandung, Selasa (23/10/2018).

“Tidak bisa dihindari lagi teknologi informasi ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Semua orang bisa mengakses internet untuk berbagai keperluan,” ujarnya.

Oleh karena itu menurut Hening, penyediaan command center selain untuk membantu kinerja pemerintah,  juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat.

“Kemudahan itu paling tidak dalam bentuk penyediaan informasi yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan masyarakat selama ini,” ungkapnya.

Pemerintah daerah kabupaten kota juga diharapkan bisa lebih meningkatkan performa command centernya untuk meningkatkan sinkronisasi data.

“Saat ini memang pembangunan command center di daerah sedang dimoratorium oleh pemerintah pusat, demi untuk penyelarasan aplikasi dan pembenahan infrastrukturnya. Namun jangan pernah berhenti untuk melakukan persiapan,” kata Hening.

Dalam diskusi video conference dengan 4 BKPP itu juga mengahdirkan dua pembicara, yaitu Andy Garna sebagai pakar Command Center dan Ridha Hanafi dari Telkom University. (Pun)

               



Sumber:jabar.go.id

Related Articles

Close
Close