PERISTIWA

Kasau Marsekal TNI Yuyu sutisna Jadi Inspektur Upacara Sertijab Dan Korpaskhas

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung — Serah terima jabatan Komandan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara dari Marsda TNI T. Seto Purnomo alumni AAU 1985 kepada Marsma TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr. (Han) alumni AAU 1988, digelar di Lapangan Merah Makorpaskhas dalam suatu upacara militer dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M. dalam sambutannya menyatakan bahwa Serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1040/X/2018 tanggal 15 Oktober 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, termasuk jabatan Komandan Korpaskhas yang hari ini diserahterimakan dari pejabat lama Marsekal Muda TNI T. Seto Purnomo kepada penggantinya Marsekal Pertama TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr.(Han).

Sebagai organisasi yang berkembang secara dinamis, alih tugas dan alih jabatan merupakan bagian dari dinamika organisasi yang dilaksanakan secara teratur, terencana dan berkesinambungan sesuai kebutuhan organisasi.

Demikian juga, serah terima jabatan Komandan Korpaskhas ini memiliki arti penting, berkaitan erat dengan kelanjutan kaderisasi dan proses dinamisasi serta upaya memajukan kinerja organisasi dalam rangka memenuhi perkembangan tuntutan tugas di masa depan yang terus berkembang.

Sebagai Komando Utama Pembinaan TNI Angkatan Udara, Korpaskhas mempunyai tugas membina kekuatan dan kemampuan operasional satuan untuk melaksanakan perebutan sasaran dan pertahanan obyek strategis Angkatan Udara, Pertahanan Udara, operasi khusus dan khas matra udara dalam operasi militer atas kebijakan Panglima TNI.

Korpaskhas juga melaksanakan pembinaan empat kemampuan yaitu Kemampuan Pertempuran Darat, Kemampuan Pertahanan Udara, Kemampuan Khusus dan Kemampuan Matra Udara. Melalui pembinaan empat kemampuan tersebut Korpaskhas akan mampu menjawab tantangan tugas yang diemban dan dihadapi di masa kini dan di masa depan.

Melalui pendekatan fungsional, Korpaskhas telah melakukan penataan organisasi yang mengacu pada tugasnya, menuju perspektif tugas yang dilaksanakan selaku Komando Utama Pembinaan untuk kepentingan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang.

Parameter pembinaan kemampuan tersebut, telah mengubah kultur prajurit sebagai pasukan Tempur Darat TNI Angkatan Udara. Demikian pula kultur kinerja para Staf di tingkat Satuan Markas Komando maupun Satuan jajaran dalam mendukung pembinaan dan kesiapan operasi satuan harus semakin meningkat.

Keterlibatan Satuan Paskhas pada misi pasukan perdamaian PBB sebagai kontingen Garuda, yang terprogram secara berkesinambungan telah memberikan andil dalam pengalaman penugasan prajurit dan memberikan kesan tersendiri bagi pengabdian prajurit Paskhas pada misi internasional.

Dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP), prajurit Korpaskhas yang memiliki kemampuan memberikan bantuan pertolongan dapat mengambil tindakan secara cepat, tepat dan cermat, sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat segera ditolong dan diselamatkan seperti yang telah dilakukan pada korban gempa di Lombok dan Palu Sulawesi Tengah.

Menyikapi perkembangan situasi organisasi yang terus bergulir secara dinamis serta telah tertatanya pembinaan satuan jajaran, maka Korpaskhas diharapkan mampu melakukan penyesuaian pembinaan yang komprehensif serta senantiasa dilembagakan di setiap satuan
Kepada seluruh Prajurit “Baret Jingga”, saya perintahkan, agar dengan pergantian komandan ini kinerja Korpaskhas harus tetap terjaga kualitasnya. Semangat dan motivasi tinggi dalam melaksanakan tugas senantiasa dipelihara dan terus ditingkatkan. Kerjakan semua tugasmu tanpa memikirkan untung rugi, untuk meraih hasil yang terbaik bagi TNI Angkatan Udara, bangsa dan negara.

“Baret Jingga” telah dan akan tetap menjadi kebanggaan TNI Angkatan Udara, kebanggaan kita semua, serta akan terus memberi kontribusi nyata bagi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara.

Pejabat lama Marsda TNI T Seto Purnomo selanjutnya akan menjabat sebagai Staf Khusus Kasau di Mabesau. Sedangkan Pejabat Baru Marsma TNI Eris Widodo Y, S.E., M.Tr (Han) sebelumnya menjabat sebagai Wadan Korpaskhas.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna, para Asisten Kasau, Pangkoopsau 1, Pangkoopsau 2, Pangkoopsau 3, Pangkohanudnas, para Pejabat TNI/Polri wilayah Bandung.

Pada kegiatan ini, juga menampilkan keterampilan puluhan penerjun dari Anggota Paskhas. Serta memamerkan kendaraan tempur yang dimiliki Korpaskhas. ( saufat )

 

Related Articles

Close
Close