SYARIAH

Empat Bank Regional Raih Penghargaan ASR 2018

Diharapkan penghargaan dapat membawa perubahan pada bank syariah di Indonesia.

SPOL, JAKARTA — Empat Bank Regional Meraih Penghargaan Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018, Kamis (8/11) lalu. Bank Jateng Syariah memperoleh penghargaan sebagai The Best Sharia Regional Bank. Bank NTB Syariah meraih The Most Innovative Sharia Regional Bank. Bank Jatim Syariah mendapat The Most Efficient Sharia Bank. BJB Syariah mendapat The Most Inspiring Sharia Regional Bank.

Direktur Bank Jateng Syariah, Hanawijaya berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Menurutnya, ini adalah hasil dari kerja tim yang cukup bisa mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat. “Ke depannya kami terus berupaya untuk memperbaiki kinerja dan membawa perubahan pada bank syariah di Indonesia,” kata dia.

Direktur Bank BJB Syariah, Indra Falatehan bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan. “Terima kasih pada Republika yang terus menyemangati kami sebagai pelaku ekonomi syariah. Tahun lalu kami juga mendapat penghargaan, tahun ini dapat lagi, mudah-mudahan ini akan menyemangati para karyawan di BJB Syariah,” kata dia usai ASR.

BJB Syariah diawali dengan pembentukan Divisi/Unit Usaha Syariah oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. pada tanggal 20 Mei 2000. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat yang mulai tumbuh keinginannya untuk menggunakan jasa perbankan syariah pada saat itu.

Setelah 10 tahun operasional Divisi/Unit Usaha syariah, manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. berpandangan bahwa untuk mempercepat pertumbuhan usaha syariah serta mendukung program Bank Indonesia yang menghendaki peningkatan share perbankan syariah. Maka dengan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. diputuskan untuk menjadikan Divisi/Unit Usaha Syariah menjadi Bank Umum Syariah.

Bank NTB Syariah juga meraih The Most Innovative Sharia Regional Bank. Hasil konversi dari Bank NTB yang didirikan dengan tujuan untuk mengelola keuangan daerah yaitu sebagai kas daerah. Selain itu tujuan didirikannya Bank NTB untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah dengan memberikan kredit kepada pengusaha kecil di Nusa Tenggara Barat.

Seiring dengan berjalannya waktu, Bank NTB terus berkembang hingga saat ini memiliki Kantor yang berjumlah 41 kantor yang terdiri dari satu kantor pusat, satu kantor cabang utama, 10 kantor cabang, 20 kantor cabang pembantu, empat kantor kas dan lima payment point.

Bank NTB resmi berubah jadi Bank NTB Syariah sejak September 2018. Proses konversi dari Bank NTB konvensional ini telah melalui perjalanan panjang sejak 2016.

Sementara Bank Jatim Syariah memperoleh penghargaan The Most Efficient Sharia Bank. Bank Jatim Syariah merupakan Unit Usaha Syariah (UUS) dari Bank Jatim. Unit kerja tersebut sedang dalam upaya untuk spin off dari induknya.



Sumber: Republika

Related Articles

Close
Close