POILITIK

Jurus RR Cegah Stunting Sekaligus Buka Lapangan Kerja

SPOL. Perbaikan asupan gizi anak merupakan cara agar stunting atau gagal tumbuh anak bisa dicegah. Perbaikan gizi di antaranya bisa dilakukan dengan konsumsi makanan dan minuman bergizi, seperti telur dan susu.

Ekonom senior DR Rizal Ramli memiliki solusi jitu agar anak-anak Indonesia bisa dengan mudah mengonsumsi daging ayam dan telur, sehingga terbebas dari stunting.

Bahkan jurusnya kali ini juga mampu meningkatkan kemandirian pangan bagi rakyat kecil, termasuk turut membuka peluang usaha mereka.

“Rakyat bisa kita ajak bikin ternak ayam untuk hasilkan telur,” kata pria yang akrab disapa RR itu saat ditemui di Posko Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jalan Sriwijaya 35, Jakarta, Jumat (9/11).

Adapun cara Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid mencegah stunting itu adalah dengan memberikan bantuan berupa telur dan ayam kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Pemberian ini harus dikembangkan oleh anak-anak tersebut, sehingga ayam yang diberikan bisa berkembang biak dan mampu memenuhi kebutuhan pangan mereka.

“Kalau setiap hari anak di bawah SD kita kasih telur, kita kasih ayam, jutaan rakyat kita pelihara ayam,” jelasnya.

Mantan Menko Kemaritiman itu memastikan, perekonomian rakyat akan ikut terangkat hanya dengan beternak ayam tersebut. Sebab, saat masih kecil, RR pernah melakukan hal tersebut. Dia beternak ayam untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

Lebih lanjut, capres rakyat ini menjelaskan bahwa dengan membuat kandang ayam bertingkat di setiap rumah, rakyat bisa beternak ayam sehingga produksi telur dan daging ayam meningkat.

Dengan begitu, kemandiran pangan juga bisa terpenuhi dan tidak perlu melakukan impor pangan.

“Jadi ini selain menyelesaikan masalah stunting juga ngasih kerjaan buat rakyat kita,” pungkasnya. [ian]

Sumber: RAKYAT MERDEKA

Related Articles

Close
Close