POILITIK

Kunjungi Natuna, Dubes AS Bangga Kemitraan Strategis Dengan Indonesia

SPOL. Amerika Serikat dan Indonesia memiliki sejarah kuat dalam kerja sama maritim.

Melalui upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran lingkungan maritim, mempromosikan inisiatif lingkungan dan memerangi penangkapan ikan ilegal.
Demikian disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan dalam mengartikan pentingnya kemitraan strategis mempererat hubungan antara Provinsi Kepulauan Riau dan AS.

“Kunjungan ini adalah sebuah contoh yang baik akan komitmen kita terhadap kawasan Indo-Pasifik yang memungkinkan perusahaan AS dan Indonesia meraih sukses, komunitas lokal berkembang, dan kemitraan bilateral tumbuh,” jelas Donovan melalui keterangannya, Jumat (9/11).

Dalam rangkaian kunjungan ke Kepulauan Natuna pada 7-9 November, Donovan sempat berbincang dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengenai arti penting menjaga habitat laut. Kesempatan itu dilakukan saat malam kebudayaan yang diadakan Bupati Natuna Abdul Hamid.

Selain itu, Donovan juga berkunjung ke SMAN 1 Bunguran Timur menghadiri pemutaran Film A Plastic Ocean untuk meningkatkan kesadaran para pelajar akan bahaya sampah laut. Donovan mengundang para pelajar untuk membagikan ide tentang aktivitas yang dapat lakukan untuk menangani isu penting tersebut.

Tak lupa, Donovan juga mengajak para pelajar untuk meneruskan studi di AS dan membagikan informasi mengenai konsultasi gratis yang ditawarkan konsultan Education USA dan pameran pendidikan yang dikelola oleh perwakilan AS di Indonesia dan menyarankan para pelajar untuk mendaftarkan diri ikut YES, sebuah program pertukaran pelajar tingkat SMA.

Donovan juga bertemu dengan pewakilan komunitas bisnis di Natuna membahas prospek dan tantangan dalam menarik dan mempertahankan investasi di kawasan tersebut. Dia juga meminta pendapat tentang bagaimana perusahaan AS dapat memperkuat hubungan bisnis dan komersial di Natuna.

Terakhir, dia mengunjungi Pangkalan Udara dan Pangkalan Laut Natuna dan bertemu dengan Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Suprianto Irawan untuk mendiskusikan kelanjutan kerja sama kemanan AS-Indonesia, seperti latihan dan pelatihan. [wah]

Sumber: RAKYAT MERDEKA

Related Articles

Close
Close