POILITIK

Kepala Intelijen Turki Beri Pengarahan Ke Senator AS Soal Pembunuhan Jamal Khashoggi

SPOL. Kepala intelijen Turki Hakan Fidan memberikan pengarahan pada sejumlah senator Amerika Serikat mengenai temuan dan investigasi yang dilakukan oleh Turki atas kasus pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi jelang akhir pekan ini.

Khashoggi diketahui dibunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul awal Oktober lalu.

Pengarahan itu dilakukan untuk memberikan sudut pandang lain dan membantu para senator itu memperkuat keyakinan mereka atas penilaian mereka saat mereka mempersiapkan resolusi untuk secara resmi mengecam Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman sebagai orang di belakang rencana pembunuhan Khashoggi.

Al Jazeera pada Jumat (7/12) memuat, pemerintah Turki memandang pertemuan itu penting dalam meningkatkan dan memperkuat kasus mereka dan pendekatan peradilan terhadap resolusi, serta menuju penilaian akhir oleh pihak Amerika Serikat melihat siapa yang menjadi penyebab pembunuhan dan untuk membawa keadilan ke kasus tersebut.

Sebelumnya, sejumlah Senator Amerika Serikat bersiap membuat resolusi untuk secara resmi mengecam Putra Mahkota Saudi. Hal itu dilakukan pasca menganalisa sejumlah informasi, termasuk pengarahan yang diberikan oleh Direktur CIA Gina Haspel. [mel]

Sumber: RAKYAT MERDEKA

Related Articles

Close
Close