PENDIDIKAN

Lulusan SBM ITB Terserap Dunia Kerja di dalam dan luar negeri

SPOL.Bandung,- Lulusan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) hanya dalam waktu maksimal dua bulan mampu terserap di dunia kerja.

Director of Communications and Alumni Relations SBM ITB, Dr. N. Nurlaela Arief mengatakan berdasarkan survey Tracer Study SBM ITB 2019, para lulusan Program S1 berhasil menyelesaikan perkuliahannya dalam tiga tahun.

“Sebanyak 67 persen lulusan mendapatkan pekerjaan dari relasi alumni, teman dan kenalan,”katanya
disela kegiatan Inagurasi Ketua Ikatan Alumni SBM ITB dengan tema “First Step of a Thousan Journey di kampus SBM ITB, Jl Ganesha, Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019)

Lala-sapaan Dr. N. Nurlaela Arief menilai peran alumni sangat penting, sebagai relasi karena rerata mendapatkan pekerjaan atau terjun ke dunia bisnis melalui mereka.

“Kedepannya, akan ada kolaborasi dan sinergi antara alumni dengan SBM ITB seperti internship, rekrutmen, program Alumni Talks dan lainnya, selain itu kami akan mendukung untuk membantu memperkenalkan, mempromosikan berbagai inovasi dan kreativitas dari para alumni pada berbagai media,”ujarnya

Seperti kali ini selain inagurasi, kami juga menghadirkan para alumni yang cukup berhasil untuk berbagi tips sukses seperti, Aziz Hartanto, Founder Tukang.com ; Hardi Pramudia, Head of Strategy & Corporate Services DUPARA, serta Lee Marvin, Vice President Gamification Agate International.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Alumni SBM ITB (IASM ITB)
Radeya Pranata S,Mn. MIB mengatakan alumni kampus yang terletak di jl Ganesha Kota Bandung tersebut memiliki beragam potensi. Bahkan, bahkan sudah ada yang menjadi staf khusus Presiden RI.

Meski SBM ITB masih berusia 16 tahun tepat akhir Desember 2019 nanti. Namun, para lulusannya sudah mampu bekerja di berbagai instansi pemerintah, perusahan swasta, nasional maupun internasional.

Ke depan, lanjut Radeya, pihaknya akan bersinergi dan berkolaborasi sehingga bisa membagikan pengalamannya kepada para mahasiswa yang masih kuliah di SBM ITB.

“Tidak bisa kita pungkiri alumni SBM ITB bisa membuktikan kehebatannya,
Bukan hanya level government tapi di perusahaan swasta ada yg bekerja di perusahaan consulting internasional.
bahkan sudah ada yang menjadi Global Marketing Lead di perusahaan Youtube Pusat, San Francisco California,”jelasnya

Adapun progam lainnya, seperti kegiatan yang bersifat fun. Artinya akan membuat kegiatan yang tidak begitu berat tapi bisa berdampak positif seperti olahraga, speed dating (layanan jodoh untuk Alumni), play dating (acara keluarga).

Selanjutnya di bidang keahlian akan dikategorikan menjadi manajemen konsultan, manajemen bisnis dan finance serta digital bisnis. Sebab, para alumni akan memegang level managerial.

“Kami akan membuat konsulting misalnya ada fasilitas untuk startup. Itu akan menjadi inisiasi misalnya membuat perusahaan konsulting masuk ke perusahaan besar,”katanya

Dari sisi development, tambah Radeya
akan membuat event karir fair sehingga lulusan baru bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang diminatinya.

“Kepengurusan Ikatan Alumni juga memerlukan arahan dari pihak SBM ITB termasuk alumni lainya. Kita buat ikatan alumni ini bermanfaat bagi semuanya,”pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close