EKSEKUTIF

Relawan Tagana Dinsos Jabar Siaga Antisipasi Bencana Banjir

BANDUNG, SPOL – Sebanyak 6.900 relawan Taruna Sigana Bencana (Tagana) dari Dinsos Jabar siap dan siaga membantu penanganan bencana banjir yang terjadi di wilayah ini pada awal tahun 2020. Demikian disampaikan Sekretaris Dinsos Jabar, Barnas Adjudin dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Jumat (3/1/2020).

“Untuk jangkauan beberapa lokasi sangat berat. Tapi, ada sekira 6.900 relawan Tagana yang siap memberikan bantuan dan terdepan saat terjadi bencana,” katanya

Menurut dia, Saat ini para relawan Tagana Dinsos Jabar juga telah dikerahkan ke enam daerah Jabar berstatus tanggap bencana banjir dan longsor, yakni Kab. Bandung Barat, Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, dan Kota Bekasi. di Wilayah tersebut, kata dia, pihaknya telah mendirikan dapur umum, mengirim perahu karet dan mobil tangki, serta menyalurkan kebutuhan-kebutuhan dasar, seperti pakaian, susu bayi, dan telur di daerah yang tertimpa bencana banjir.

“Setelah itu, kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jabar untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Kita sudah terpadu dengan penanganannya. Yang jadi masalah itu ketika ada korban yang tidak melapor, sehingga dia tidak mendapat bantuan dan akses,” pungkas dia. (adems)

Print Friendly, PDF & Email
Close