JAWA BARAT

Sejumlah Sungai di Wilayah Bekasi dan Bogor Akan Segera Direvitalisasi

SPOL.Bandung,- Ketua Harian Satgas Citarum Harum, Dedi K Tamim mengungkapkan agar tetap menjaga kewaspadaan meski saat ini banjir di Bandung Selatan pada awal tahun tidak begitu signifikan.

“Kondisi tersebut tak terlepas dari keberadaan Terowongan Nanjung sehingga banjir di Dayeuhkolot bisa tereduksi” ujar Dedi K Tamim kepada wartawan dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (16/1) sore.

Oleh karenanya, tegas Dedi K Tamim, seluruh jajaran untuk tetap fokus dengan revitalisasi citarum. “Selain curah hujan, penanganan sampah meski sekarang sudah jauh berkurang, serta penyegaran kawasan hulu masih tetap membutuhkan atensi” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Bambang Hidayah mengatakan bahwa penanganan banjir di Sungai Citarum mulai menunjukan tren positif, fokus serupa mulai dialihkan untuk memperbaiki kondisi sungai di wilayah Bekasi dan Bogor, tetangga ibukota yang ikut berkontribusi dalam banjir besar pada awal tahun lalu.

“Dulu Ciliwung yang duluan banjir, sekarang malah kali-kali di Bekasi dan Bogor yang duluan banjir, karenanya penanganannya bakal mulai kita garap,” ujarnya.

Revitalisasi di kawasan tersebut, terang Bambang, tidak terlepas dari kenyataan bahwa Kali Bekasi tak pernah mengalami revitalisasi dalam kurun waktu hingga 20 tahun. Bahkan karena kondisi itu, warga yang tinggal salah satu kompleks permukiman di Jatiasih meminta untuk direlokasi.

“Selama itu, kalinya tak pernah dikeruk. Mereka jenuh karena selalu terdampak banjir” ujarnya.

Wilayah mereka, imbuhnya, merupakan cekungan, daerah rendah sehingga tak terhindarkan terkena banjir, mengingat kapasitas sungai terbatas, tak bisa alirkan debit air.

Berdasarkan hasil survei, revitalisasi itu mencakup pula Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi dari arah Bogor. Untuk Cileungsi sepanjang 6,1 Km sedangkan Cikeas sekitar 4,1 Km.

“Kita targetkan tahun depan program tersebut bisa digulirkan,” pungkasnya. (Denny)

Related Articles

Close