LEGISLATIF

Embung Sampah Akan Dibangun di Pakisjaya

Karawang, SPOL – Embung sampah dengan luas 20 hektar rencananya akan dibangun di Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, pada 2021 nanti. Proyek yang ditaksir menggunakan duit APBN sekitar Rp 80 milar itu sudah diusulkan Pemkab Karawang.

“Itu 17 sampai 18 hektar yang digunakan untuk embung. Tapi itu kan ada 20 (hektar), nanti (sisanya) digunakan untuk sarana yang lain,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Dedi Achdiat kepada awak media di Kecamatan Batujaya, Rabu (19/2/2020) siang.

Ia menjelaskan kalau proyek embung sampah itu diharapkan bisa menyelesaikan persoalan sampah di Kabupaten Karawang. “Mengusulkannya (anggaran) cukup lumayan, 80 miliar,” ujar Dedi Achdiat.

Sebelumnya, Jumat (14/2/2020), Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Wawan Setiawan menjabarkan hasil kajian ITB pada tahun 2017 yang memaparkan bahwa per hari setiap individu menghasilkan sampah 0,4 sampai 0,7 kilogram.

Jika di kalkulasikan jumlah penduduk Kabupaten Karawang sekitar 2,2 juta jiwa, kata Wawan, otomatis tumpukan sampah itu mencapai 880 sampai dengan 900 ton sampah setiap harinya.

“Jumlah armada yang ada 63 truk dan luas Kabupaten Karawang dengan 30 kecamatan, DLHK Karawang baru bisa mengambil sampah tersebut sebanyak 400 ton setiap harinya. Yang idealnya membutuhkan armada sebanyak 125 truk untuk bisa mengangkut sampah hasil produksi masyarakat tersebut,” ujarnya. (vzay)

Related Articles

Close