HUKUMJAWA BARAT

Diskucapil Subang Diharap Kooperatif Laksanakan LAHP Ombudsman Jabar

SPOL.Bandung,- Asisten Pratama Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, M. Taufan Dwiputra mengatakan jika berkas Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) sudah rampung, terkait mal administrasi data kelahiran yang dilakukan oleh anggota DPRD Jabar sudah diterbitkan.

“Sudah kami terbitkan pada 26 Februari 2020, dan hari itu juga langsung kami kirimkan melalui pos ke disdukcapil subang” terang Taufan kepada wartawan saat ditemui di Kantor Ombudsman Jabar, Jln. Ters. Jakarta, Kota Bandung, Jumat (28/2/2020).

Selama 30 hari kedepan, tegasnya, pihaknya akan menunggu langkah yang akan dilakukan oleh disdukcapil setelah surat LAHP diterima. “Selama 14 hari kami akan pantau tindak lanjut dari rekomendasi yang telah kami terbitkan” tegasnya.

Menurutnya, LAHP yang diberikan secara umum, berisi saran terkait apa yang bisa dilakukan oleh Disdukcapil dalam masalah tersebut. Akan tetapi, tetap sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Detilnya tidak bisa kami sampaikan karena LAHP sifatnya rahasia untuk terlapor. Maka kita tinggal tunggu bagaimana sikapnya,” terangnya.

Taufan mengatakan, sejauh ini Disdukcapil Subang masih bersikap kooperatif, terkait dengan rekomendasi atau LAHP yang disampaikan oleh Ombudsman Jabar. “Jika tidak kooperatif, bisa saja persoalan ini diangkat secara luas oleh media. Namun sejauh ini masih kooperatif dan kami berharap seperti itu” tegasnya.

Menurutnya, mudah-mudahan persoalan ini tidak akan memakan waktu lama. “Mudah-mudahan akhir bulan maret sudah ada tindakan dari disdukcapil subang” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close