JAWA BARAT

Jelang Ramadhan 2020, Stok Beras di Pasaran Aman

SPOL.Bandung,- Meski masih dalam hitungan bulan kedepan, namun jajaran perum Bulog sudah melakukan pengecekan ketersedian beras dipasaran.

“Jelang Ramadan, Insya Allah, ketersediaan beras mencukupi kebutuhan masyarakat nasional termasuk di Jawa Barat. Jadi masyarakat jangan khawaitr,” Ujar Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, di sela-sela kunjungannya ke Gudang Beras Perum Bulog Gede Bage Bandung, Selasa (3/3/2020).

Menurut Buwas – sapaan Budi Waseso- pihaknya akan terus melakukan pengecekan kecukupan pangan terutama beras. Secara total saat ini kita punya 1,7 juta ton beras medium dan sekitar 170 ribu ton beras premium.

Volume ketersedian ini, tegasnya, akan bertambah karena pada bulan Maret – April 2020 akan berlangsung panen raya. “Artinya, volume ketersediaan juga akan bertambah” tegasnnya.

Buwas menganalogikan jika dalam 2 bulan kebutuhan beras secara nasional menghabiskan sekitar 500 ribu ton, maka ketersedian stok beras yang ada sekitar 2,9 juta ton. “Jumlah ini cukup banyak sehingga stok aman” terangnya.

Melimpahnya ketersediaan beras itu, imbuhnya, membuat bulog dalam beberapa bulan terakhir, tidak impor beras. Hingga kini, terangnya, volume beras sisa impor, sekitar 900 ribu ton. “Seluruhnya (beras sisa impor) dalam kondisi baik dan layak konsumsi,” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close