JAWA BARAT

Tetap Buka, Ini Langkah Antisipatif Bandung Zoo Hadapi Wabah Virus Corona

SPOL.Bandung,- Mengantisipasi penyebaran virus corona, mulai hari ini kebun binatang menyiapkan Hand sanitizer.

“Kita sudah siapkan 12 titik Hand sanitizer di sekeliling kebun binatang” ujar Marcom Bandung Zoo, Sulhan Safe’i dalam keterangan resminya. Sabtu (14/03/2020)

12 titik tersebut, ungkap Sulhan, diantaranya ada di area tunggang unta dan gajah. Selain itu ada juga di kubah burung, di pintu masuk, di toilet, di peta dan juga railing pintu masuk.

“Minimal dua kali sehari di lap pakai hand sanitizer untuk menjaga adanya virus Corona di semua tempat karena ada potensi untuk virus menempel di sana.” Terangnya.

Sulhan menjelaskan, kenapa dilakukan dua kali sehari karena hal ini cukup untuk minimal dilakukan disemua tempat diseantero Bandung Zoo. Selain itu ada juga jalan yang kita bersihkan pakai Disinfektan yaitu pathway berwarna merah di jalur jerapah menuju ke gajah tunggang di situ disemprot dua kali sehari agar jalan tersebut terlihat bersih dan juga rapi terbebas dari dugaan virus korona.

“Kami juga mengimbau bagi pengunjung atau siapapun yang diduga tidak terlalu sehat atau flu berat untuk sementara tidak mengunjungi kebun Binatang Bandung” tuturnya.

Disinggung mengenai apakah adanya penurunan okupansi, Sulhan menjelaskan sejauh ini tidak ada penurunan yang berarti hanya berkisar antara 10 sampai 15 persen saja. Adapun jumlah pengunjung di akhir pekan, tuturnya, pengunjung berkisar antara 4.500 sampai 5.000 pengunjung. “Artinya, pada hari sabtu terjadi penurunan sedikit di hari sabtu, pengunjunh kita sebanyak 1.500 sampai 2.000″

Saat ini, tegasnya, kami terus melakukan himbauan kepada pengunjung baik di pintu masuk agar dengan sukarela untuk membersihkan tangan mereka dan kalau yang sakit agar tidak masuk ke kebun binatang Bandung. ” Alhamdulillah beberapa konfirmasi kunjungan sampai sejauh ini tetap ada meskipun ada juga yang membatalkan kunjungan mereka ke zoo tapi tidak banyak” terangnya.

Sulhan menambahkan, bagaimanapun kami menghargai himbauan pemerintah untuk tidak berkumpul di tempat-tempat terbuka namun kami tidak bisa menutup kebun binatang Bandung apalagi melarang pengunjung untuk datang, karena kami adalah perusahaan swasta yang bergantung hidupnya dengan tiket masuk.

“Bila ada pengunjung yang datang artinya perusahaan ini bisa bergerak dengan baik.” Tuturnya.

Sulham menambahkan, pihaknya menghargai apapun yang dilakukan oleh pemerintah untuk himbauannya untuk tidak berkumpul. “Hanya saat ini kami tetap membuka kebun binatang Bandung dengan langkah langkah antisipasi yang lebih ketat” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close