JAWA BARAT

Dansektor 7 Ajak Ratusan Warga Pasawahan Dan Andir Tanam Vertiver Di Bantaran Citarum

SPOL.Kab.Bandung,- Satgas Citarum bareng ratusan warga dari berbagai komunitas tanam Vertiver sepanjang bantaran Citarum Kelurahan Pasawahan dan Desa Andir, Minggu (15/3/2020).

1500 bibit Vertiver ditambah 100 bibit buah buahan jenis nangka, mangga, jambu, jeruk serta sirsak ditanam di kiri kanan bantaran sepanjang 1,6 km.

Menurut Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi bahwa,” penanaman ini merupakan rangkaian dari penanaman sebelumnya “.

” Setelah selesai pengerukan dan penataan bantaran, sebelum kering tanahnya kita langsung tanam Vertiver,” ujar Dansektor 7 yang didampingi Danru Pasawahan Serma Aep Saepudin.

” Kita ajak semua komponen dan warga Kelurahan Pasawahan dan Desa andir dalam penanaman, supaya mereka kedepannya ikut bertanggung jawab dan merawatnya, karena selain Vertiver kita juga tanam beberapa jenis bibit buah buahan,” tambahnya.

Beberapa komunitas yang terlibat dalam penanaman diantaranya Lurah Pasawahan Memet bersama jajaran ASN Kelurahan Pasawahan, Pramuka Kwaran Baleendah, Kader PKK, Ecovillage Pasawahan Dan Andir serta Karang Taruna dari Pasawahan Juga Andir.

Seperti diketahui bersama bahwa bantaran sepanjang Desa Andir dan Kelurahan Pasawahan setelah sedimentasinya dikeruk, lumpurnya digunakan untuk meninggikan tanggul dan bantaran.

Lurah Pasawahan Memet menyampaikan bahwa,”sekarang ini warganya yang berada di RW. 01 bisa sedikit lega, tidak lagi was was ketika musim penghujan “.

“Alhamdulillah setelah satgas Citarum melakukan pengerukan sedimen dan penataan bantaran, kawasan ini sudah tidak terlihat kumuh, terima kasih saya sampaikan kepada Dansektor 7 beserta jajarannya,” ujar Memet.

” Kedepannya saya harapkan warga bisa terus menjaga kawasan bantaran dari sampah, Insha Allah kita akan turut berpartisipasi dalam menjaga aliran sungai Citarum,” tutur Lurah Pasawahan. (Rls).

Related Articles

Close