BANDUNG RAYA

Putus Mata Rantai Covid-19, BBB Lakukan Rapid Tes Komunal di Kecamatan Cicendo Bandung

SPOL.Bandung,- Sebagai salah satu upaya untuk memetakan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bandung, Program Bandung Bangkit Bersama (BBB) berkolaborasi dengan Puskesmas Pasirkaliki dan Sukaraja Kecamatan Cicendo mengadakan rapid test komunal tahap 1 di Kecamatan Cicendo. Sabtu (02/05/2020)

“Tes cepat ini diutamakan bagi tenaga kesehatan dan orang dalam pemantauan (ODP) dari 50 warga Cicendo yang suspect Covid-19”
Ujar salah seorang inisiator BBB Ipong Witono dalam keterangan resminya belum lama ini.

Menurut Ipong, untuk penentuan peserta yang akan dites, sepenuhnya dilakukan oleh pihak UPT Puskesmas Pasirkaliki dan UPT Puskesmas Sukaraja. “Adapun prosedur rapid test ini, setiap orang akan dites dua kali dalam jangka waktu 7-10 hari.” Ujarnya.

Dia menambahkan, untuk rapid tes pertama yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan sudah dilakukan kemarin dengan hasil negatif. Baru selanjutnya diilakukan rapid test komununal tahap awal yang diikuti oleh 50 warga dalam kategori ODP.

“Sejumlah aparat kewilayahan juga hadir memantau pelaksanaan rapid test ini Seperti Camat Cicendo, Kapolsek, Danramil, termasuk Komandan Operasi Posko penanganan Covid-19 BBB H. Soma Suparsa.” Ujarnya.

Lebih jauh Ipong mengatakan, rapid test komunal ini menjadi pijakan awal pendataan program isolasi mandiri yang direncanakan dalan program BBB. “Dari hasil tes tersebut diharapkan BBB bisa memilih peserta isolasi mandiri yang sesuai dengan kriteria” ujarnya.

Saat ini, Imbuhnya, program isolasi mandiri sedang dalam perencanaan untuk terus dimatangkan. Sesuai protokol kesehatan, khusus relawan yang akan menangani program isolasi mandiri diwajibkan untuk ikut rapid test atas donasi Eiger.

“kegiatan rapid test yang dilakukan di RT 03/RW 04 Kelurahan Pajajaran ini merupakan dukungan bantuan dari solidaritas Berantas Covid-19 dan Cisdi” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close