JAWA BARAT

KPA Jabar Dorong ketersediaan ARV di 27 kabupaten kota

SPOL.Bandung,- Presiden Joko Widodo, mengimbau dalam masa pandemi Covid-19 ini, untuk pemberantasan TBC-HIV harus tetap dikerjakan. Terkait dengan hal itu KPA Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut andil dalam upaya P2HIV di masa pandemi covid-19.

Dari release yang diterima redaksi dari KPA Jabar diungkapkan, Upaya tersebut diantaranya dengan memberikan bantuan kepada ADHA (anak dengan HIV AIDS) di 5 kabupaten kota diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Subang, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Kota Cirebon melalui penggalangan dana kitabisa.com yang berjudul “Cinta untuk ADHA”, yang dilakukan oleh KPA Provinsi Jawa Barat dalam kegiatan The Indonesian AIDS Conference 2019 lalu.

ODHA dan komunitas memiliki pengalaman dalam jangka waktu yang cukup lama untuk bertahan dalam kondisi tekanan sosial sampai stigma sehingga mereka cukup berpengalaman untuk bertahan dan dapat memotivasi keluarga dan orang terdekat untuk bertahan dalam kondisi krisis seperti ini.

Bantuan untuk ODHA (orang dengan HIV AIDS), KPA Provinsi Jawa Barat bersama Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial SETDA Provinsi Jawa Barat telah melakukan upaya koordinasi dengan Pikobar dan menyerahkan data masyarakat yang terdampak secara ekonomi untuk kategori penyakit kronis diantaranya adalah (ODHA) terkait JPS bantuan sosial Covid-19 sebanyak 837 orang dari 27 Kabupaten Kota.

Dalam masa pandemi Covid-19 terbatasnya akses ODHA ke layanan untuk pengambilan ARV menjadi hambatan dan untuk meminimalisir mobilisasi,  KPA Provinsi Jawa Barat mendorong ketersediaan ARV di 27 kabupaten kota dengan program distribusi ARV langsung ke ODHA. Sampai saat ini stok ARV di Kabupaten Kota cukup hingga bulan Juli 2020.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung dengan mengalokasikan anggaran hibah untuk program HIV-AIDS dalam masa pandemi Covid-19 di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Pertemuan ini bermaksud untuk mengundang teman-teman media untuk ikut berperan aktif dalam mendukung dan menyebarluaskan informasi program Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS terutama dapat memberikan informasi yang baik dan benar di masa pandemi covid-19 ini. (rls)

Related Articles

Close