EKONOMI

Ini Lima Lokomotif Food Masakan Nasional Indonesia Yang Mendunia

SPOL.Bandung,- Pemerintah melalui kementerian Pariwisata melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan kuliner khas Indonesia di lua negeri salah satunya dengan strategi lokomotif food.

Menurut head of culinary and shoping tourism development team ministry of tourism, Vita Datau mengatakan, dengan strategi lokomotif food seperti yang dilakukan oleh negara lain, selain mempromosikan makanan nasional di luar negeri juga untuk membendung sekaligus memperkenalkan makanan nasional khususnya kepada milenial

kita mempromosikan kuliner nasional untuk menjadi lokomotif food yang mewakili destinasi kuliner di Indonesia di luar negeri.

“Lima makana nasional yang jadi lokomotif food itu adalah Rendang, Soto, Sate, nasi goreng dan gado-gado” ujar Vita kepada wartawan saat ditemui di NHI Tourism Forum 21 – 23 Oktober di Kampus STP NHI Bandung.

Lebih jauh Vita mengatakan, jika orang sudah tahu apa yang jadi lokomotif food dari kuliner Indonesia maka akan dengan sendirinya akan menarik jenis kuliner nasional lainya yang memang sangat beragam. “Dan hal ini bisa dilakukan oleh STP NHI Bandung, karena banyak dari lulusan NHI yang sudah bekerja di luar negeri dengan posisi bagus” pungkasnya.

Sebagai ulasan singkat, berikut adalah kelima makanan nasional Indonesia yang menjadi lokomotif kuliner tersebut.

 1.  Rendang

Randang atau rendang adalah masakan khas Sumatera Barat dari daging yang bercita rasa pedas. Randang dibuat dari berbagai bumbu dan rempah-rempah yang melimpah. Cara membuat randang memang tak rumit, tapi proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama agar randang menjadi kering dan berwarna hitam pekat. Dan pada 2017 lalu, media internasional CNN menganugerahi rendang sebagai  makanan paling enak di dunia.

2. Sate

Kuliner ini tentu sudah sangat dikenal dengan baik yah, Makanan dengan konsep daging ditusuk ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Beberapa jenis sate yang paling hits adalah sate madura, sate Padang, sate klathak, sate maranggi sampai sate lilit dari Bali.

3. Nasi Goreng
Meski bukan makanan asli indonesia, namun nasi goreng sendiri sudah lama mendunia dan menjadi salah satu makanan paling digemari wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia. 

Nasi goreng bisa ditemui tak hanya di gerai pinggir jalan, tetapi juga pedagang kaki lima sampai restoran bintang lima. Nasi goreng favorit? Tentu saja nasi goreng kampung yang melegenda itu.

 4.  Soto
Soto memiliki nama lain seperti sroto, sauto, tauto, atau bahkan coto. Soto sendiri merupakan makanan khas Indonesia seperti sop atau kuah yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Ada beberapa jenis soto yang populer mulai dari soto Betawi, Soto Banjar, soto Lamongan dan Coto Makassar.

 5. Gado-gado 

Gado-gado terbuat dari aneka sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan taburan bumbu kacang atau saus kacang tanah dan yang dihaluskan. 

Gado-gado sendiri dikenal sebagai salah satu jenis salad tradisional Indonesia. Makanya banyak wisatawan asing yang merasa senang dengan gado-gado karena dianggap sebagai makanan sehat kaya serat. (Dens)
 

Related Articles

Close
Close