JAWA BARAT

Kerja Mandiri SDM Bidang Pariwisata

GARUT — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat terus berupaya untuk melahirkan Sumber Daya Manusia Unggul dan Kompetitif di berbagai bidang. Salah satunya yang dilaksanakan di di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Di tempat itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat, menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan bertajuk Kerja Mandiri SDM Bidang Pariwisata.

Pelatihan yang berlangsung melalui program Hiring Hall Desa (Hade) ini, diikuti 40 orang peserta dari dua desa. Kepala Disnakertrans, M Ade Afriandi, menyebutkan, materi dalam pelatihan adalah Home Stay dan Cafe. “Home stay (penginapan) merupakan penunjang kepariwisataan,” kata Ade, saat menyampaikan pengarahan kepada peserta dari Desa Mandalakasih dan Desa Mancagahar itu, kemarin malam.

Ia berharap, setalah mengikuti pelatihan tersebut, mereka dapat memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang berkunjung ke kedua desa itu. Di sana ada destinasi wisata pantai laut selatan, yakni Pantai Sayangheulang.

“Selain itu, peserta pelatihan kami harap dapat menjadi pengusaha cafe atau penyedia penginapan yang mengesankan bagi wisatawan,” ujarannya. (adems)

Related Articles

Close
Close