JAWA BARAT

Lapitek UKRI Tetap Menangkan Prabowo dengan Meraih 62,20 Persen

SPOLBandung – Lembaga Afiliasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Kebangsaan (Lapitek UKRI) mempublikasikan hasil akhir penelitian terhadap surat suara pilpres tahun 2019 berdasarkan formulir C1 plano, Kamis (25/4/2019) di Aula Profesor Soemitro Djojohadikusumo UKRI.

Hasil penelitiannya menyimpulkan, pemilih yang menginginkan Jokowi melanjutkan kepemimpinan hanya di 11 provinsi, sedangkan sebanyak 23 provinsi mayoritas menginginkan Prabowo menjabat presiden  untuk periode 2019-2024.

Dari keseluruhan suara yang masuk dan berdasarkan pilihan masyarakat di banyak provinsi maka dapat disimpulkan pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subinto-Sandiaga Uno memenangkan persaingan dengan meraih 62,20 persen dan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 35,90 persen. Sementara sisanya adalah suara tidak sah,” sebut Rachman.

“Kami menemukan di tiap provinsi memang suaranya bervariasi. Bahkan ada yang relatif seimbang namun ada juga yang suaranya yang jomplang,” jelas Direktur Lapitek, UKRI Rochmanijar Setiady di tempat..

Rochmanijar melanjutkan, penelitian ini adalah tahapan akhir dari survei sebelumnya terkait harapan masyarakat terhadap pemimpin yang akan datang. Survei ini melibatkan 10.252 relawan di seluruh wilayah Indonesia yamg menjangkau lebih dari 8.000 lokasi. Sedangkan margin of errrornya di kisaran 2,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di tempat yang sama , Rektor UKRI, Dr Boyke Setiawan menegaskan, survei ini telah memenuhi syarat dari sisi metodologi dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan karena sangat ditunjang dengan sarana yang memadai.

“Di UKRI ada fakultas teknik informatika, fasilitas sambungan internet 200 Mbps, jaringan relawan yang banyak dan ahli survei yang kompeten. Silakan para sahabat wartawan kalau mau melihat langsung ke ruangan,” pungkas Boyke. (*)

Related Articles

Close
Close