EKONOMI

Lestarikan Alam, PLN UID Jabar Tanam Ribuan Pohon Produktif

SPOL.Bandung,- Sebagai wujud komitmen PLN untuk terus menjalankan bidang usaha yang berwawasan lingkungan, dalam momentum hari menanam pohon nasional PT PLN (Persero) secara serentak diseluruh unit induk melaksanakan penanaman pohon, dengan target penanaman sekurang-kurangnya sebanyak 21.000 pohon produktif di seluruh Indonesia.

Senior Manager Distribusi PLN UID Jabar Hendra Slamet Riyadi menyampaikan dalam sambutannya mengatakan jika PLN UID Jawa Barat memandang konsep Arboretum yang disusung dalam program penanaman pohon dalam kurun waktu dua tahun terakhir merupakan konsep konservasi lingkungan yang mempunyai banyak aspek keunggulan serta konsep pembedayaan yang terarah dan berkesinambungan.

“Kami berharap dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dapat memberi spirit bagi PLN untuk terus berkarya menghasilkan karya-karya pemberdayaan yang monumental dan bernilai tambah bagi masyarakat,“ ungkapnya dalam keterangan resminya. Jumat (29/11/2019)

Hendra mengungkapkan momentum ini sebagai wujud dari komitmen PLN untuk terus menjalankan bidang usaha yang berwawasan lingkungan, sejalan dengan salah satu misi perusahaan. PLN Peduli secara konsisten terus berkontribusi dalam berbagai program untuk meningkat kualitas kehidupan masyarakat termasuk kualitas lingkungan hidup.

“Tujuan program ini adalah untuk mengurangi emisi udara serta mendukung mitigasi perubahan iklim” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, sejauh ini PLN telah melaksanakan program penanaman pohon produktif disekitar pembangkit/pantai (mangrove) dengan konsep pemberdayaan masyarakat. Dimana untuk merealisasikan program ini, PT PLN (Persero) UID Jabar menggandeng Yayasan Buana Hijau Sejahtera selaku konseptor sekaligus pelaksana.

“Untuk pelaksanaan seremoni penanaman pohon dilaksanakan di Pondok Pesantren Mafaza Indonesia, Cibiuk, Limbangan, Kabupaten Garut dengan melibatkan puuhan santri di Ponpes tersebut” terangnya.

Dalam kesempatan Hari Menanam Pohon Tahun 2019 ini, ungkapnya, PLN UID Jabar merencanakan untuk menanam setidaknya 15.000 tanaman disejumlah lokasi yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Ke depan, lokasi-lokasi penanaman pohon tersebut akan dikembangkan menjadi Pusat Koleksi Tanaman atau Arboretum yang memuat koleksi tanaman produksi berupa buah tropis dan tanaman endemik khas Jawa Barat.

” Untuk jenis pohon yang ditanam pada program hari menanam pohon kali ini, ungkapnya Hendra, seperti pohon durian, pohon nangka, pohon manggis, kopi, pohon manglid dan pohon suren” terangnya.

Hendra menambahkan, penanaman pohon yang dilakukan PLN UID Jawa Barat, sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu ini tidak hanya sekadar menanam saja. “Kami juga melibatkan konsep pemberdayaan dengan menggandeng lembaga pendidikan termasuk komunitas-komunitas kemasyarakatan untuk menghijaukan lahan-lahan gundul yang amat kritis bagi kelangsungan ekosistem lingkungan di sejumlah wilayah” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close