JAWA BARAT

RZ Kirim Bantuan Pangan dan Sandang Untuk Pengungsi Wamena

SPOL.Bandung,- Untuk meringankan beban para pengunsi Wamena, Rumah Zakat (RZ) mengirimkan bantuan berupa obat – obatan, bahan pangan, sandang dan hygiene kit.

Kebutuhan pangan yang paling mendesak diantaranya adalah lauk pauk. Sedangkan untuk beras dan mie instant diperkirakan masih cukup untuk kebutuhan 4 – 5 hari kedepan” ujar Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat (RZ), Nur Efendi kepada wartawan dalam acara pelepasan Tim Relawan RZ untuk pengungsi Wamena di Kantor RZ Bandung. Senin (30/9/2019)

Menurut Nur Efendi, sulitnya transportasi menjadi persoalan tersendiri di Wamena, karena butuh waktu sekitar 60 menit dengan menggunakan sarana transportasi udara. Meski ada akses lain berupa jalan darat namun tidak direkomendasikan karena situasi yang belum sepenuhnya kondusif. “Untuk jalan darat perlu waktu 2 – 5 hari” tegasnya.

Berdasarkan laporan terakhir, kata dia, korban meninggal akibat tragedi kemanusiaan tersebut mencapai 33 orang dan 84 orang luka-luka. Jumlah pengungai mencapai 7.278 orang dan eksodus mencapai 2.589 orang.

“Banyak warga pendatang yang ingin eksodus, tapi terkendala akses transportasi yang minim. Mereka hanya mengandalkan penerbangan reguler dan pesawar Hercules,” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close