JAWA BARAT

Tata dan Kembangkan Tegal Jarong, PLN Salurkan CSR Tahap Dua

SPOL.Sumedang,- Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT I) dan PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Jawa Bagian Tengah 2 (PLN UPP Kit JBT 2) menyalurkan bantuan dana CSR untuk penataan dan pengembangan kawasan wisata Tegal Jarong.

Arie Nugroho selaku Manager PLN UPP Kit JBT 2 mengatakan bahwa bantuan CSR PLN Peduli ini diberikan melalui 2 tahapan. Tahap pertama dimulai tahun 2018 berupa penataan kios/warung eksisting, pembersihan lahan kosong (pada area atas), pembuatan Landmark Tegal Jarong, pembuatan taman hijau, pembuatan kios (area atas), penanaman pohon (mangga, ketapang kencana, dll), pembuatan mushola dan toilet, pembuatan saluran air ke area atas dan pemberian meja serta kursi taman.

“Di tahun 2019, PLN kembali memberikan bantuan tahap kedua berupa renovasi/pembaruan landmark dan kios, pembuatan lorong/gawang tanaman hias dan saung keluarga, pembersihan dan pemadatan lahan parkir atas dan selokan, penambahan pohon ketapang kencana, pembuatan rumah kelinci dan taman bermain anak, penataan lapangan terbuka, pembuatan amphitheater DPT serta pembuatan menara cinta untuk berfoto selfie maupun kelompok” ujar Arie dalam keterangan resminya belum lama ini.

Arie mengungkapkan dengan adanya bantuan dari PLN tersebut, besar harapan kami bisa turut mengembangkan potensi wisata itu menjadi lebih besar dan semakin nyaman. Menurutnya, tegal jarong ini memang sangat strategis dan memiliki potensi yang besar, salah satunya pemandangannya yang indah. Maka dari itu kami membantu untuk mengembangkan kawasan wisata ini agar lebih baik dan bermanfaat.

“Harapannya kedepan Tegal Jarong dapat menjadi salah satu icon atau unggulan wisata di Kabupaten Sumedang maupun Provinsi Jawa Barat, dapat menambah lapangan pekerjaan baru, tersedia pula wadah untuk menjual oleh-oleh khas desa, sehingga perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat,’’ tegasnya.

Arie menambahkan, kawasan wisata Tegal Jarong adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga, remaja, dan anak-anak. Pengunjung bisa berfoto di area selfie PLN Peduli dengan latar belakang pemandangan Bendungan Jatigede dan Landmark bertuliskan Tegal Jarong. Adapula tempat bermain anak (perosotan, jungkat jungkit, mangkuk putar, ayunan) dan kandang edukasi ternak kelinci yang sangat cocok untuk anak-anak. “di area kios atas juga tersedia gallery mitra binaan PLN yang menjual makanan khas Jatigede untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh” pungkasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close