JAWA BARAT

Terkesan Lambat, Unpad Diminta Segera Selesaikan Dugaan Pemalsuan Data Ijazah

SPOL.Bandung,- Sebagai sebuah institusi pendidikan terkemuka yang merepresentasikan Jawa Barat, Universitas Padjajaran (Unpad) seharusnya bisa bertindak cepat dan tegas terhadap persoalan-persoalan yang bisa merusak nama baik dari Unpad.

Hal tersebut diungkapkan oleh alumni Unpad yang juga tokoh senior Jawa Barat Tjetje Hidayat Padmadinata terkait dengan persoalan dugaan pemalsuan data ijazah yang dilakukan oleh alumni Unpad beberapa waktu lalu.

“Disini persoalannya ada tiga aspek yang ditabrak, yakni pelanggaran hukum, pelanggaran moral secara pribadi dan pelangaran moral secara politik. Dan ini harus segera ditindak” ujar Tjetje kepada wartasan saat di temui di kediamannya. Senin (09/02/2020)

Dia berpendapat etika moral itu penting dan tidak boleh hilang apalagi yang terjun ke dunia politik. “persoalan penipuan umur ini harus segera ditindak dan (dicari) siapa ini yang terlibat” tegasnya.

Hal senada terkait dengan persoal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Noery Ispandji Firman yang mengatakan institusi unpad ini kebanggaan Jabar. Jadi jika tidak segera diselesaikan atau ditindak lanjuti akan mencoreng nama baik tidak hanya unpad tapi juga nama baik Jabar.

“Saya kira ini harus segera ditindaklanjuti jika perlu dilaporkan kepada pihak yang berwajib” Ujar Noery yang juga sebagai tokoh dari Partai Golkar Jabar kepada wartawan di bilangan jalan Braga Bandung.

Jika ini dibiarkan, ungkapnya, akan jadi apa nantinya unpad yang menjadi kebanggaan kita sebagai masyarakat Jawa Barat. Artinya Unpad harus berani, karena sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan (sarjana) yang bisa dibanggakan jangan sampai dinodai dengan mental mental pemalsu untuk kepentingan politik tentunya ini akan sangat berbahaya. “Jadi harus berani dan segera bertindak agar jangan sampai unpad juga bermain dalam persoalan yang bersifat politis seperti ini” tegasnya.

Lebih jauh Noery mengatakan, sebuah lembaga pendidikan yang mencetak kader bangsa ini harus punya ketegasan, bukan hanya persoalan ilmu tapi juga mental dan karakter juga. Oleh karena itu, unpad harus punya sikap yang tegas, sehingga tidak ada lagi yang berani mencoba bermain-main seperti ini sehingga unpad bisa tetap bisa dibanggakan oleh masyarakat Jawa Barat dan Indonesia. “Saya kira sebagai pembelajaran, jika ada mahasiswanya yang bermain-bermain seperti itu cabut saja ijazahnya agar tidak terulang lagi” tegasnya. (Dens)

Related Articles

Close
Close