JAWA BARAT

Wujudkan Desa Juara, Pemprov Jabar Gelar Jambore Desa

Bandug, SPOL – Pemerintahan Provinsi Jawa Barat akan menggelar Jambore Desa 2019 di Kecamatan Lakbok Ciamis pada Jumat-Sabtu, 27-28 September 2019. Sebanyak 6.000 kepala Desa dan lurah se-Jabar akan berkumpul di sana guna berdialog dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala daerah kota/kabupaten di Jabar terkait dengan program-program desa di era kepemimpinan Ridwan-Uu.

Wahyudin, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar menuturkan, Jambore Desa akan dihadiri oleh kepala desa dan perangkat Desa serta pihak kelurahan. Hal itu sebagai ajang evaluasi program desa oleh gubernur dan kepala daerah kota kabupaten.

“Ini merupakan event kolaborasi antara pemerintah daerah dan Provinsi nanti kumpul 6.000 orang tidurnya di rumah penduduk sehingga ada kolaborasi, ” kata dia pada Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Rabu, 25 September 2019.

Melalui Jambore Desa, kata dia, kepala desa bisa berkomunikasi langsung dengan pemimpin daerah. “Gubernur dan kades bisa berkomunikasi dengan baik lewat event ini,” kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar, Wardana mengatakan, dalam dua hari tersebut merupakan term evaluasi setelah sebelumnya menempuh proses panjang. “Jambore desa dan kelurahan. Akan ada dialog.  Apa makna pembangunan di desa, apa upaya pemerintah provinsi bangun desa karena pemerintah akan membangun dari pinggiran, mewujudkan desa juara,” kata dia.

Di Jambore, lanjut dia, selain dialog akan ada lomba cepat tepat tentang UU Desa. “Kita ingin perangkat desa memahami regulasi. Meski kita lihat sejak 2014 UU Desa diterbitkan sudah ada peraturan pelaksana  perundang-undangan. Tentu perlu pemahaman optimal ketika desa banyak diberikan fasilitas keuangan makan perlu dipertanggungjawabkan,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengundang kepala desa inovatof untuk berbagi keunggulan pada peserta. “Kita juga ada paparan dari kementerian desa dan juga kemendagri,” kata dia.

Related Articles

Close
Close