PENDIDIKAN

Semakin Didepan, FE USB YPKP Raih ISO 9001 dan 21001

SPOL.Bandung,– Capaian Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sanggabuana Buana (USB) YPKP Bandung di Awal tahun 2021 sangat membanggakan. Hal itu ditandai dengan diraihnya Sertifikasi ISO 9001 Quality Management System dan ISO 21001 Educational Organizations Management System.

“Sebelumnya kami sudah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan dua sertifikasi tersebut” ujar
Rektor USB YPKP Asep Effendi kepada wartawan belum lama ini.

Ia mengatakan, kedua sertifikat tersebut sudah memenuhi standarisasi Equal Assurance Australia. Untuk sertifikat ISO 21001ini terkait dengan bidang pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh sejumlah perguruan tinggi termasuk USB YPKP.

Baca juga:   Profesi Guru di Jabar Belum Dilindungi Peraturan Daerah

“Ini untuk meningkatkan pelayanan,kualitas proses pembelajaran, kualitas administrasi yang In Shaa Allah berdampak pada kualitas lulusan yang akan dihasilkan oleh USB” ujarnya.

Lebih jauh, Asep mengatakan, untuk sertifikasi ISO 21001 yang diterima USB YPKP baru untuk Fakultas Ekonomi, dan kedepan ISO 21001 untuk Fakultas yang lain hingga tingkat perguruan tinggi.

Baca juga:   Kuasai Literasi Digital, Untuk Menjawab Tantangan Dakwah Era Milenial

“Tentu kami berharap dampak dari diperolehnya sertifikasi ISO 21001 ini akan mampu meningkatkan kualitas lulusan dan USB bisa sejajar dengan perguruan tinggi lain” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum YPKP Ricky Agusiady menyatakan bahwa apa yang diraih oleh USB UPKP merupakan salah satu komitmen dalam meningkatkan kualitas.

“Salah satu ukuran kualitas selain akreditasi juga sertifikas ISO 21001 yang saat ini masih sangat jarang diperoleh oleh perguruan tinggi,” imbuhnya.

Baca juga:   Kampus Mengajar Angkatan Kedua Kembali Dibuka

Sedangkan Ade Warmyza tim auditor dari Equal Assurance Australia menyatakan, setelah USB YPKP memperoleh sertifikasi, pihaknya akan terus melakukan evaluasi/ audit setiap tahun khususnya dalam pemeliharaan.

“Sudah saya sampaikan ke pihak kampus bahwa tantangan terberatnya adalah pemerliharaan. Apa yang sudah dicapai USB saat ini perguruan tinggi baru mengimplementasikan sudah sesuai dengan persyaratan, tapi berikutnya adalah apakah konsisten, itu yang paling penting. Jika terus menurun kita bisa menarik sertifikasi tersebut”, tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Close